REALISME MAGIS DALAM NOVEL NATISH PERSEMBAHAN TERAKHIR KARYA KHRISNA PABICHARA

Authors

  • Cici Nurlaela Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo
  • Nurlailatul Qadriani Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/cakrawalalistra.v4i2.1407

Keywords:

Realisme Magis, Natisha Persembahan Terakhir.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kadar Realisme Magis dalam novel Natisha Persembahan Terakhir karya Krisna Pabichara. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut penulis menggunakan konsep karakteristik Wendy B. Faris. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu novel Natisha Persembahan Terakhir karya Khrisna Pabichara. Data dalam penelitian ini yaitu semua narasi yang mengandung unsur magis dan unsur realis dalam cerita. Penelitian ini dianalisis dengan cara menentukan bagian mana yang memiliki karakteristik realisme magis, kemudian menjelaskan kadar realisme magis yang terdapat dalam novel Natisha Persembahan Terakhir Karya Khrisna Pabichara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Natisha Persembahan Terakhir karya Khrisna Pabichara dilihat berdasarkan kecenderungan tokoh-tokoh, peristiwa, dan tempat-tempatnya dapat dikatakan sebagai karya yang memiliki kadar realisme yang kuat dan kadar magis yang kuat pula. Keduanya saling berpadu dalam satu-kesatuan cerita. Jadi dapat dikatakan novel Khrisna Pabichara ini adalah karya realisme magis.

 Kata Kunci : Realisme Magis, Natisha Persembahan Terakhir.

References

Banna, Dzar Al. (2016). Kadar Realisme Magis dalam Cerpen Pembunuh Parakang Karya Khrisna Pabichara. Tesis Tidak Diterbitkan. Yogjakarta: Universitas Gadjah Mada.

Christopher, Warnes. (2009). Magical Realism and the Postcolonial Novel (Between Faith and Irreverence) New York: Palgrave Macmillan.

Efendi, Anwar. (2012). “Kesempurnaan Hidip Masyarakat Jawa dalam Cerpen Kecubung Penghasilan Karya Danarto”. Artikel Online: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132086367/kacubung%20pengasihan.rtf.[4 April 2018]

Faruk. (2018). Nasionalisme Puitis, Sastra, Politik, dan Kajian Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herusatoto, Budiono. (1984). Simbolisme dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: PT Hanindita.

Iswandari, Retno. (2014). Realisme Magis dalam Puisi Gendhing Pulebahan Karya Badrudin Emce: Konsep Karakteristik Realisme Magis Wandi B. Faris. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta. Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Indarwati, Henny. (2015). Perbandingan Ekstraordinary Elemen dalam Narasi Fantasi, Fiksi Ilmiah dan Realisme Magis. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Brawijaya.

Kadir, Burhan. (2014). Kadar Realise Magis dalam Novel Perempuan Poppo Karya Dul Abdul Rahman. Tesis Tidak Diterbitkan. Yogyakarta. Program Paskasarjana Program Studi Sastra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Yokyakarta.

Mulia, Sandra Whilla. (2016). Realismme Magis dalam Novel Simple Miracles Doa dan Arwah Karya Ayu Utami. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya. Magister Kajian Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Surabaya.

Nurhadi, Wahyudi. (2015). Komunikasi Sufistik dalam Kajian Realisme Magis (Telaah Realisme Magis Wendy B. Faris terhadap Kumpulan Cerpen Lukisan Kaligrafi

Karya A. Mustofa Bisri). Skripsi Tidak Diterbitkan. Purwokerto; Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi InstitutAgama Islam Negeri Purwokerto.

Pabichara, Khrisna. (2016). Natisha Persembahan Terakhir. Banten: PT Kaurama Buana Antara.

Sundusiah, Suci. (2015). Memahami Realisme Danarto dan Marquez. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta. Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Surakarta.

Saryono, Djoko. (2009). Suara Sufistik dan Religius dalam Karya Sastra. Malang : A3 AsahAsihAsuh

https://htanzil.wordpress.com/2014/10/10/essai-realisme-magis-by-indra-tjahjadi/. Diakses tanggal 19 Mei pukul 15.00

Additional Files

Published

2021-12-30

How to Cite

Nurlaela, C., & Qadriani, N. (2021). REALISME MAGIS DALAM NOVEL NATISH PERSEMBAHAN TERAKHIR KARYA KHRISNA PABICHARA. Cakrawala Listra: Jurnal Kajian Sastra, Bahasa, Dan Budaya Indonesia, 4(2), 137–162. https://doi.org/10.33772/cakrawalalistra.v4i2.1407

Issue

Section

Volume 4 Nomor 2, Desember 2021

Most read articles by the same author(s)