Jurnal ETNOREFLIKA diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo dan telah Terakreditasi Peringkat 4 (Sinta 4) melalui Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor: 28/E/KPT/2019. Akreditasi berlaku hingga Terbitan Volume 11 Nomor 1 Tahun 2022.

Jurnal ilmiah ini terbit dengan frekuensi terbitan 4 bulanan (Februari, Juni dan Oktober) dan  memiliki ISSN dalam dua versi, yakni: versi cetak dengan ISSN 2252-9144 dan versi elektronik dengan e-ISSN: 2355-360X .  ETNOREFLIKA dedikasikan sebagai sebuah terbitan berkala ilmiah yang diharapkan dapat menjadi ajang pertukaran gagasan dan pemikiran dalam bidang Antropologi, khususnya dan ilmu-ilmu sosial - budaya lainnya. Etnoreflika hadir dengan dengan misi membangun tradisi dan iklim akademis untuk kemajuan peradaban dan harkat kemanusiaan.

Selain itu, Jurnal ETNOREFLIKA yang secara sengaja mengambil kata generik ‘ethnos’ yang bertujuan mengembang misi mempromosikan dan mengembangkan semangat multikulturalisme dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk. Reflika dimaknai sebagai proses merefleksikan perilaku, ide dan lingkungannya.

Redaksi menerima sumbangan tulisan yang bersifat teoritik, hasil penelitian berupa etnografi, dan tulisan-tulisan yang memuat gagasan konstruktif untuk menyelesaikan problem sosial, budaya, dan atau humaniora dalam arti luas maupun masalah-masalah pembangunan secara umum, serta tinjauan buku-buku teks antropologi dan ilmu-ilmu sosial, budaya dan humaniora lainnya.