##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sitti Nur Isnian Musadar Musadar Harmayani Harmayani

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena petani jagung di Kecamatan Maligano Kabupaten Muna dalam menjalankan budidaya pertaniannya menggunakan kearifan lokal upacara kaago-ago, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kearifan lokal kaago-ago dalam budidaya tanaman jagung di kecamatan Maligano Kabupaten Muna.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2018. Penelitian bersifat kualitatif dengan melibatkan 17 informan yang terdiri dari kepala adat, petani, dan pemuka masyarakat.  Hasil penelitian menunjukkan kearifan lokal kaago-ago pada kegiatan penyiapan lahan dan panen meliputi upacara lengkap, pada penyiapan benih meliputi dokambae tanpa upacara, penanaman meliputi menutup mata gigi dirapatkan dan lafazd doa tanpa upacara, dan pada pemeliharaan tanaman tidak ada perlakuan. Melalui penelitian ini diharapkan wawasan masyarakat dapat terbuka, melihat kearifan lokal sebagai sebuah potensi dengan membuka diri terhadap inovasi baru, sehingga kearifan lokal masyarakat dapat menunjang usaha tani yang mereka jalani. 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Keywords

kearifan lokal, upacara kaago-ago, usahatani jagung

References
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo. Jakarta.

Arafah. (2002). Pengetahuan Lokal Suku Moronene Dalam Isistem Pertanian di Sulawesi Tenggara. Program Pasca Sarjana. IPB.

Isnian., S.N., Nalefo, L., Mardin., Rosmawaty., Mutmainnah. (2018). Fungsi Kelem-bagaan Subak Pada Perkebunan Lada di Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan (Studi Kasus Pada Kelembagaan Subak Satu Pada Tanaman Lada Hasil Konversi Dari Padi Sawah di Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal. Buletin Sosek. Volume (20):2 Hal 72-81.

Kementerian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Syamil.

Keraf, A.S. (2002). Etika Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Mitchell, B., Setiawan, B., & Rahmi, D.H. (2000). Pengembangan Sumber Daya dan Lingkungan. Yogyakarta: Gaja Mada University Press.

Niampe, L. (2013). Upacara Kaago-ago dalam Tradisi Perladangan pada Masyarakat Muna: Kajian Bentuk, Fungsi dan Makna. Jurnal. Mudra (2):2.

Purwono, H. (2010). Bertanam Jagung Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rukmana. (1997). Ubi Kayu Budidaya dan Pasca Panen. Yogyakarta: Kanisius.

Soekartawi. (1995). Analisis Usahatani. Jakarta: UI Press.

Suhartini. (2009). Kajian Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber daya Alam dan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian. Pendidikan dan Penerapan MIPA. Jurusan Pedidikan Biologi FMIPA. Jogjakarta: UNY.

Suraya, R.S. (2011). Kearifan Lokal Tradisi Kasalasa Dalam Peladangan Berpindah Pada Komunitas Petani Etnis Muna Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Tesis). Program Pasca Sarjana, Udayana. Denpasar.

Tuwo, M.A. (2011). Ilmu Usahatani. Kendari: Unhalu Press.

Whynne, C., & Hammond. (1985). Elements Of Human Geography. London: George Allen & Unwin.
Section
Volume 8, Nomor 3, Oktober 2019