Menggali Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Kitab Ta’limul Muta’allim dengan Pendidikan Karakter pada FIB UHO

  • Abdul Jalil Dosen Antropologi FIB UHO
  • Mu'jizat AR Dosen pada Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo

Abstract

Tulisan ini mendiskusikan tentang perbandingan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada pada  kitab Taklimul Muta’allim dengan Program Pendidikan Karakter lingkup Fakultas oleh FIB UHO. Hal ini menarik untuk diungkap, mengingat program pemerintah dengan revolusi mental lewat nawacitanya sangat digalakkan. Selain ada kegelisahan bersama terkait generasi dewasa ini, para anak didik kita yang semakin hari mengalami degradasi moral, pendidikan hanya sebagai rutinitas, sebagai hal yang harus dilalui atas sebuah proses, tidak banyak yang mendesain sebagai proses yang menjadi kebutuhan menuju pencapai masa depan yang cemerlang, tentu hampir disemua lapisan masyarakat dengan profesinya juga mengalami hal yang sama, banyak perilaku-perilaku masyarakat yang semestinya menjadi tuladha, ternyata berlaku sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif analisis dengan fokus pada nilai-nilai karakter pada kitab Ta’limul Muta’allim dengan program Pendidikan Karakter pada FIB UHO.Hasil dari assesmen awal bahwa beberapa program atau materi yang ada dalam pendidikan karakter FIB UHO dengan apa yang ada dalam kandungan kitab Ta’limul Muta’alim hampir bisa dipastikan baik dan sama dalam kerangkan menumbuhkan pendidikan yang baik, menjadikan peserta didik (mahasiswa) lebih berbudi mulia, berakhlakul karimah tanpa mengurangi kecerdasan keilmuan, namun seiring perkembangan zaman, kecerdasan secara pengetahuan peserta didik kita telah menghilangkan moralitas. Untuk itu dari tulisan ini, diharapkan khalayak lebih mengedepankan akhlakul karimah dari pada hanya kemampuan akademik.

Kata kunci: pendidikan, karakter, ta’limul, muta’aalim, FIB UHO

Published
2018-06-01
Section
PEMBELAJARAN