Peer Review Process

Artikel penelitian yang dikirimkan ke jurnal online ini akan ditinjau sejawat setidaknya 2 (dua) pengulas. Artikel penelitian yang diterima akan tersedia online setelah proses peer-review jurnal. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah bahasa Inggris dan Indonesia.

Peer review dirancang untuk menilai validitas, kualitas, dan seringkali orisinalitas artikel untuk publikasi. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga integritas ilmu pengetahuan dengan menyaring artikel berkualitas tidak valid atau buruk.

Dari perspektif penerbit, fungsi ulasan sejawat sebagai filter untuk konten, mengarahkan artikel yang lebih berkualitas ke jurnal berkualitas lebih baik dan karenanya menciptakan merek jurnal.

Menjalankan artikel melalui proses peer review menambah nilai bagi mereka. Karena alasan ini, penerbit perlu memastikan bahwa peer review kuat.

Editor Feedback

"Menunjukkan kekhasan tentang kelemahan dalam struktur makalah adalah yang terpenting. Apakah metode valid, apakah data disajikan dengan jelas, dan apakah kesimpulan didukung oleh data?" (Editor Feedback)

"Jika editor dapat membaca komentar Anda dan memahami dengan jelas dasar rekomendasi Anda, maka Anda telah menulis ulasan yang bermanfaat." (Editor Feedback)

Peer Review at Its Best

Apa yang paling baik dilakukan oleh peer review adalah meningkatkan kualitas jurnal yang diterbitkan dengan memotivasi penulis untuk mengirimkan karya berkualitas baik dan membantu meningkatkan karya itu melalui proses peer review.

Faktanya, 90% peneliti merasa bahwa peer review meningkatkan kualitas jurnal yang mereka terbitkan (University of Tennessee dan CIBER Research Ltd, 2013).

 

Custom technologies based on your needs

  • MongoDB
  • ElasticSearch
  • Redis
  • Solr
  • Memcached