##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

##plugins.themes.bootstrap3.article.sidebar##

Published Jun 27, 2019
Fajrianti Syamsudin Wa Kuasa Baka Sitti Hermina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi eksistensi permainan tradisional di Desa Lerepako Kecamatan Laeya, (2) Menjelaskan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam permainan tradisional di Desa Lerepako Kecamatan Laeya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan metode analisis datanya meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak Desa Lerepako masih mempertahankan dan memainkan permainan tradisional. Adapun permainan yang masih dimainkan yaitu permainan boy, mebaguli, main batu, meyeye, asin, congklak, keng-keng, benteng dan permainan ular. Adapun nilai pendidikan karakter dalam permainan tradisional yaitu nilai kejujuran, disiplin, kerja keras, toleransi, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Keywords

Eksistensi, Permainan Tradisional, Nilai Pendidikan Karakter

References
Elissa, A.R. 2017. Permainan Tradisional sebagai Wadah Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal.

Prosiding Seminar Nasional. Fakultas Ilmu Sosial : Universitas Negeri Medan.

Endaswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fadlillah, Muhammad dkk. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta : Ar- Ruzz Media.

Ihsanudin. 2010. Dampak Positif dan Negatif dari Game Online. Artikel. http:// dampak positif dan negatif dari game online_Elscier. Diakses tanggal 21 Juni 2018.

Jones, Pip. 2009. Pengantar teori-teori Sosial dari teori Fungsionalisme hingga Post-modernisme. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta : Erlangga.

Miles, Mathew B Huberman, A.Muchael. 2014. Analisis Data kualitatif. Jakarta Universitas Indonesia (UI Press).

Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Anak melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III Nomor 1. FP Universitas Negeri Makassar.

Risan, Rahmad. 17 Juni 2016. Membedakan dasar Perkembangan Teori Psikodinamika, Teori Belajar Biologis, Lingkungan dan Teori Kognitif.Artikel.https://rahmadrisanrumahilmu.blogspot.com/2016/06/membedakan-dasar-perkembangan-teori.html. Diakses tanggal 14 September 2018.

Suryadi. 2007. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta : EDSA Mahkota.
Section
volume 2 Nomor 1, Januari-Juni 2019