##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

##plugins.themes.bootstrap3.article.sidebar##

Published Aug 17, 2019
Sarah Faradillah La Ode Ali Basri Ajeng Kusuma Wardani

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Ambekairi Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe dengan tujuan untuk mengetahui bentuk syair, kostum pelantun, dan makna yang terkandung dalam lirik sua-sua pepakawia pada masyarakat Tolaki di Kelurahan Ambekairi Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam (indepth interview) yang didukung dengan dokumentasi dan perekaman/video. Informan ditentukan secara purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat, kepala sanggar seni, pelantun, guru seni dan budaya, dan informan tambahan. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk syair sua-sua pepakawia memiliki dua jenis yaitu (1) bentuk syair sua-sua pepakawia versi informan bapak MY, dan; (2) syair sua-sua pepakawia versi informan bapak HD. Bentuk Kostum pelantun sua-sua pepakawia terdiri dari (1) pine wota; (2) sarung adat; (3) andi-andi; (4) eno-eno; (5) bolosu; (6) tabere; (7) towe ndowe; dan (8) kalu nggalu. Adapun makna yang terkandung dalam lirik sua-sua pepakawia yaitu makna penghormatan, makna sosial, makna religi, dan makna estetika.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Keywords

Sua-sua Pepakawia, Bentuk, Makna

References
Anton dan Marwati. 2015. Ungkapan Tradisional dalam Upacara Adat Perkawinan Masyarakat Bajo di Pulau Bulu Kabupaten Muna Barat. Jurnal Humanika. 15(3).

Karlina, Henra. 2015. Bentuk dan Makna Nyanyian Rakyat Muna berdasarkan Status Sosial. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Halu Oleo.

Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Miles, Matthew B dan Huberman, A.Michael. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Section
volume 2 Nomor 1, Januari-Juni 2019