ARAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA AKHIR-AKHIR INI

(The Direction of The Development of Indonesian Language in Nowdays)

  • Dr. H. M. Yazid ARG ., Lc., M.Pd . Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
Keywords: Struktur suatu bahasa, bahasa dan budaya, perkembangan bahasa, kemampuan berbahasa

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang arah perkembangan bahasa Indonesia akhir-akhir ini yang diawali dengan pemahaman terhadap hakikat bahasa oleh Whorf yang  menyatakan bahwa struktur suatu bahasa menentukan cara penuturnya dalam memandang dunia.  Edward Sapir menyatakan bahwa bahasa dan budaya sangat berhubungan dan keduanya sulit untuk  dipisahkan. Hubungan inilah yang menurut Whorf sebagai hubungan yang deterministik antara bahasa dan budaya. Hal itu  menunjukkan bahwa untuk memahami budaya dan pikiran suatu masyarakat dapat dipahami dari bahasa yang digunakannya.  Kemudian membedakan antara perkembangan bahasa dan pengembangan bahasa. Artikel ini memfokuskan pada perkembangan bahasa yang merupakan salah satu konsep dalam rumpun kajian  sejarah bahasa Indonesia, sedangkan pengembangan bahasa merupakan kajian historiografi linguistik Indonesia. Selain itu, dibahas juga mengenai kategori perkembangan bahasa yang meliputi grapisasi, yaitu pengadopsian dari sebuah sistem penulisan dan penetapan konvensi ejaan (spelling) dan  ortografi lainnya, standardisasi, yaitu proses masuknya norma-norma (dialek regional dan sosial) dari satu ragam bahasa ke bahasa lain agar dapat diterima secara lebih luas pada seluruh komunitas penutur dan menjadikannya sebagai bentuk bahasa terbaik, dan modernisasi. Kemudian dikaji juga tentang tahapan perkembangan bahasa yang meliputi, penegakan, pemantapan, pembinaan, dan pemeliharaan. Artikel diakhiri dengan penjelasan tentang bagaimana menyikapi bahasa dan kemampuan berbahasa Indonesia akhir-akhir ini.

Kata Kunci: Struktur suatu bahasa, bahasa dan budaya, perkembangan bahasa, kemampuan berbahasa

References

Bell, Roger T. 1976. Sociolinguistics: Goals, Approaches and Problem. London: B.T. Batsford Ltd.

Chaer, Abdul. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Fasold, Ralph. 1984. The Sociolinguistics of Society. Oxford, England: B. Blackwell.

Fernandez, Inyo Yos . Kearifan Lokal Komunitas Etnik: Kontribusinya dalam Kebangkitan Bangsa melalui Bahasa dan Budaya dalam Jurnal LOA, Edisi Khusus, Volume 6, Nomor 6, September 2008.

Hayati, Nurul “Kliping Bahasa Jilid III”. 2007. Jakarta: Perpustakaan CSRC UIN Jakarta. Dalam artikel Kiat-kiat Pengembangan Bahasa,Republika, Minggu 7 Nopember 2004.

http://www.penapendidikan.com/jadikan-bahasa-indonesia-sebagai-identitas-bangsa/ diunduh 20 Mei 2009.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/28/20445614/Kebanggaan.Terhadap.Bahasa.Indonesia.Menurun diunduh 18 Mei 2009.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/ dan

http://beritapendidikan.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=12&artid=895diunduh 20 Mei 2009.

http://pondokbahasa.wordpress.com/2008/11/22/pencerdasan-bangsa-melalui-penggunaan-bahasa-dalam-industri-perfilman-dan-persinetronan/ diunduh 18 Mei 2009.

http://aingkumaha.blogspot.com/2008/11/bahasa-pejabat-dan-media-disorot.htm diunduh 18 Mei 2009.

Hudson, RA. 1980. Sociolinguistics. Cambridge: Cambridge University Press.

Hymes, Dell. 1964. Culture and Society: A Reader in Linguistics and Anthropology. London: HARPER & ROW, LTD.

Kramsch, Claire. 2001. Language and Culture. Oxford: Oxford University Press, 2001.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________. 1996. ”Pendayagunaan Potensi Intern dan Ekstern dalam Pengembangan Bahasa Indonesia” dalam Soejono Dardjowidjojo (ed.). Bahasa Nasional Kita: Dari Sumpah Pemuda ke Pesta Emas Kemerdekaan, Bandung: Penerbit ITB.

Masfufah, Nurul Revitalisasi Bahasa Daerah sebagai Upaya pemertahanan Budaya Bangsa, dalam Jurnal LOA, Edisi Khusus, Volume 6, Nomor 6, September 2008

Ruddyanto, C. Bahasa dan Bangsa Indonesia dalam Jurnal LOA, Edisi Khusus, Volume 6, Nomor 6, September 2008

Setiono. “Bahasa Indonesia and its Borrowing of Foreign Words”, dalam The Jakarta Post. Senin, 28 Oktober 2002.

Siregar, Bahren Umar. 1996. “Nasionalisme dan Nasionisme dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Bahasa Indonesia, dalam Soenjono Dardjowidjojo. Bahasa Nasional Kita: Dari Sumpah Pemuda ke Pesta Emas Kemerdekaan. Bandung: ITB.

Suyadi. Rancangan Kebahasaan dan Pemertahanan Bahasa dalam jurnal Medan Makna, Volume 4, Desember 2007.

Uniawati, 2006. Fungsi Mantra Melaut pada Masyarakat Suku Bugis di Sulawesi Tenggara: Kantor Bahasa Propinsi Sulawesi-Tenggara.

Wardhaugh. 2006. An Introduction to Sociolinguistics.Malden, MA: Blackwell Publishing.

Yasin, Anas. Arah Kajian Bahasa: Kaitannya dengan Perkembangan IPTEK dan Sosial Budaya. http://www.geocites.com/anas yasin/arah.html#top, diunduh, 8 April 2009.

Zatnika, Iis. “Bahasa Korea: Globalisasi, tidak Memupus Budaya Lokal”, dalam Koran Harian Media Indonesia, 16 Januari 2006.
Published
2017-01-07
Section
Makalah Simposium Internasional Bahasa, Sastra dan Budaya 2016