KEKERABATAN ANTARA BAHASA WOLIO DENGAN BAHASA CIA-CIA

  • ERNI HARIJATI . .
Keywords: .

Abstract

Penelitian bahasa daerah belum sepenuhnya terjangkau oleh para peneliti. Di  Daerah Buton memiliki bahasa yang sangat bervariasi, yang sebagian besar belum jelas status kelompoknya.  Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah  tingkat kekerabatan  bahasa Wolio dan bahasa Cia Cia. Bertolak dari permasalahan itu maka tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang tingkat kekerabatan antara bahasa Wolio dan bahasa Cia Cia pada kosa kata dasar menurut bidang-bidang tertentu. Ruang lingkup kajian penelitian ini meliputi daftar kosa kata dasar II dari Swadesh, yang kemudian dipilah menurut bidang ;1) bidang anggota tubuh,(2) bidang rumah dan perlengkapannya,(3)bidang alat-alat perlengkapan,(4) bidang alam, keadaan alam,serta musim,dan (5) makanan dan minuman. Keseluruhan data tersebut menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data elisitasi dan rekaman.Untuk memperoleh data telah digunakan sampel  Kelurahan Melai yang mewakili bahasa Wolio, dan Desa Wabula yang mewakili bahasa Cia Cia.Pertimbangan ini diambil karena luasnya populasi penelitian. Kedua daerah tersebut memiliki sifat yang menonjol baik dari segi pemakaian bahasa maupun sejarah daerah. Sebagai dasar kajian telah digunakan beberapa konsep atau teori yang dianggap relevan, seperti Morish Swadesh yang menguraikan tentang daftar kosa kata dasar. Sebagai hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kekerabatan antara bahasa wolio dan bahasa cia cia berkisar 68% kata kerabat, sehingga hubungan  kedua bahasa berupa satu keluarga bahasa (family). Artinya kedua bahasa merupakan dua bahasa yang berbeda.Kesimpulan lain diperoleh bahwa hampir semua bidang memperlihatkan  tingkat kekerabatan yang tinggi, kecuali pada bidang makanan dan minuman. Kata kerabat sebagian pasangan yang identik, sebagian pasangan yang mirip secara fonetik, sebagian pasangan yang berbeda satu fonem,dan ada pula penambahan suku kata.

References

Abas, Husen, dkk. 1981 Struktur Bahasa Wolio, Ujung pandang, Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia Sulawesi Selatan.

Abdullah, Mustafa, DKK., 1985; Struktur Bahasa Cia-cia, Ujung Pandang, Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Sulawesi selatan.

Anceaux, J.C. , 1952; The Wolio Ianguange: Outline of Grammertical Descrition and Texts, Verhandelingan van het Koniklijk Instituut Voor Taal.

Ayattrohaedi, 1979; Dilektologi Sebuah Pengantar Jakarta, Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan.

Departemen p dan K, 1991 ; Penelitian Kekerabatan dan Pemetaan Bahasa di Indonesia Jakarta, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

De Saussure, Ferdinand; 1988, Pengantar LinguistikUmum Yogyakarta, Gajah Mada University Press.

Ibrahim Abd, Syukur ; 1985, Linguistik Komparatif, Surabaya, Usaha Nasional.

Keraf, Gorrys, 1983 ; Linguistik Bandingan Historis, Jakarta, PT. Gramedia.

Liebner, Horst, 1989 ; Beberapa Istilah Kemaritiman dalam Bahasa-bahasa Buton, Jakarta, Masyarakat Linguistik Indonesia.

Syarif, Abdul Aziz, 1984 ; Pengantar Ilmu Perbandingan Bahasa Nusantara, Ujung Pandang, FPBS IKIP Ujung Pandang.

Verhaar, J.W.M., 1984 ; Pengantar Linguistik, Yogyakarta, Gajah Mada University Press.
Published
2017-01-07
Section
Makalah Simposium Internasional Bahasa, Sastra dan Budaya 2016