SEMIOTIKA VISUAL PADA IKLAN PRODUK MS GLOW

Authors

  • Salpian Salpian Universitas Halu Oleo
  • La Ode Wahidin Universitas Halu Oleo
  • La Sudu Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/canon.v1i3.2511

Keywords:

MS Glow, Analisis Semiotika, Roland Barthes, Iklan, dan Youtube.

Abstract

Penelitian ini berjudul Semiotika Visual pada Iklan Produk MS Glow. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan semiotika visual yang terdapat dalam iklan produk MS Glow. Penelitian ini memfokuskan pada analisis semiotika iklan. Data dalam penelitian ini berupa kalimat dan objek visual yang terdapat dalam iklan Produk MS Glow. Sumber penelitian ini adalah iklan MS Glow pada Youtube. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, baca dan catat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik analisis menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan Moiztirizer Juice memiliki unsur-unsur visual yang menjadi penanda akan produk yang ditawarkan yaitu dari penempatan, atribut, warna, adegan, penggunaan bahasa, dan aktor yang digunakan. Dilihat dari analisis semiotika, kalimat "MS Glow Moisturizer Juice More Glowing More Beauty" yang menjadi slogan dalam iklan ini, diartikan sebagai ungkapan keinginan untuk meningkatkan kecerahan atau kecantikan kulit, dan membuat seseorang yang menggunakan produk tersebut terlihat lebih cantik atau tampan. Produk MS Glow Moisturizer Juice dianggap dapat meningkatkan kecerahan atau kecantikan kulit karena mengandung extrak jus buah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Salpian Salpian, Universitas Halu Oleo

    Program Studi Sastra Indonesia

  • La Ode Wahidin, Universitas Halu Oleo

    Program Studi Sastra Indonesia

  • La Sudu, Universitas Halu Oleo

    Program Studi Sastra Indonesia

References

Anonim. “Tentang MS Glow: Sejarah Berdirinya MS Glow (Informasi).†MS Glow Store. https://ms-glow.store/blog/about-tentang-ms-glow (August 2, 2022).

Anonim. 2022. “Kenal Dekat: Cha Eunwoo, Si ‘Face Genius’ Yang Hits Sebagai Idol-Aktor Bervisual Sempurna.†wowkeren.com. https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00461501.html (December 24, 2022).

Liliweri, Alo. 1991. Memahami Peran Komunikasi Massa dalam Masyarakat. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Putra, Reza Andika. 2017. “Tinjauan Makna dan Bahasa Visual Iklan (Analisis Semiotika Iklan Bukalapak ‘Jadilah Pahlawan untuk Satu Juta UKM di Bukalapak’ di Youtube).†Universitas Sumatra Utara. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/19332 (August 4, 2022).

Tashia. 2017. “Sistem E-Commerce dan Perlindungan Konsumen – Ditjen Aptika.†Kementrian Komunikasi dan Informatika RI. https://aptika.kominfo.go.id/2017/06/sistem-e-commerce-dan-perlindungan-konsumen/ (August 4, 2022).

Barthes, Roland. 1974. S/Z (Terjemahan dari Richard Miller). New York: Blackwell.

Widiadnya, Putri I Gusti Ayu Vina. 2020. “Semiotika Tanda Verbal dan Visual pada Iklan Kampanye Pencegahan Penyebaran Covid-19.†Kulturistik: Jurnal Bahasa dan Budaya 4(2): 10–18. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/kulturistik/article/view/1871 (August 4, 2022).

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

SEMIOTIKA VISUAL PADA IKLAN PRODUK MS GLOW. (2023). Canon: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra, 1(3), 167-175. https://doi.org/10.33772/canon.v1i3.2511