PENGEMBANGAN KAPASITAS PENULISAN KARYA ILMIAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS HALU OLEO
DOI:
https://doi.org/10.33772/sr1fs278Keywords:
menulis, karya ilmiah, literasi, penelitianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas penulisan karya ilmiah sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program kegiatan adalah pendekatan kolaboratif dan partisipatif. Dalam pengabdian ini, kami memberikan pelatihan, diskusi, dan praktik penulisan karya ilmiah, landasan teoritis, dan teknik penulisan yang efektif. Mahasiswa juga diberikan umpan balik untuk memperbaiki teknik penulisannya. Pengabdian ini menunjukkan antusiasme dan kemajuan positif mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan penulisan karya ilmiah yang berkualitas. Diharapkan dengan pengetahuan dan keterampilan dalam penulisan karya ilmiah, mahasiswa dapat menghasilkan penelitian yang lebih baik dan berkualitas, memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, dan memperkaya wawasan di bidang studi.
References
Aditya, T., Gunawan, I., Amin, S., & ... (2017). Collaborative mapping of detailed geospatial data for disaster and climate resilience in Indonesia. In … : The World Bank …. https://documents.worldbank.org/curated/en/793811497964065228/pdf/116490-WP-PUBLIC-P122240-Collaborativemappingofdetailed.pdf
Cahyani, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 3(2), 175–192. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/sosiohumanika.v3i2.411
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389–397. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1027
Fauziya, D. S. (2016). Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta. 2(November), 159–167.
Karsana, A. (2002). Keterampilan menulis. Karunika.
Kellogg, R. T. (2008). Training writing skills: A cognitive developmental perspective. Journal of Writing Research, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.17239/jowr-2008.01.01.1
Muslim, A. (2007). Pendekatan Partisipatif Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, VIII(2), 89–103. https://doi.org/10.1177/0734282911435461
Sarmadan. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Di Stikom Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 159–171.
Sismulyasih. (2015). 64 Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah, Strategi Synergetic Teaching Nugraheti Simulyasih Sb. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(April), 64–70.
Suryana, S. (2018). Peran Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2), 368–378. https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/1443.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Angkasa.
Zahroh, H. (2017). Pengembangan Model Bahan Ajar Video Kreatif Terpimpin Edukatif (KTE) Untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Sederhana Peserta Didik Kelas IX SMP Mamba’unnur Bululawang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 469. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4281