BARRIER ASESSMENT DALAM MEWUJUDKAN INKLUSI SOSIAL PADA KOMUNITAS DIFABEL DI DESA PLANJAN SAPTOSARI GUNUNG KIDUL

Authors

  • Siti Aminah Universitas Sunan Kali Jaga Program StudiPengembangan Masyarakat Islam

Keywords:

Inklusi Sosial, hambatan, desa iklusi

Abstract

Tulisan ini hendak melihat realita lingkungan Desa Planjan saat ini setelah 2018 dan 2019 dengan penerjunan KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk melihat keeberlanjutan yang terjadi di Desa Planjan. Adanya hambatan yang menyebabkan lingkungan inklusif susah dicapai. Asesment hambatan ini penting dilakukan sebagai awal untuk melangkah menuju aksesiilitas.. Dengan wawancara kepada penyandang disabilitas, apparat desa dan tokoh masyarakat di Desa Planjan, peneliti mencoba menggali hambatan terciptanya lingkungan inklsi dan solusi atau tawaran untuk mengatasi hambatan di Desa Planjan. Dari data tahun 2018 dijelaskan bahwa kecamatan Saptosasi merupakan kecamatan terbanyak jumlah penyandang Disabilitasnya.. Penyanang disabilitas tersebut tersebar di berbagai Desa, salah satu desa terbanyak jumlah penyandang Disabilitasny adalah Desa Planjan. Hal ini menjadi dasar penelitian berbasis pengabdian masyarakat ini dilkaukan dan menjadi kekuatan untuk mewujudkan lingkungan yang inklusif. Hasilnya menggambarkan hambatan inlusi social  melalui FGD dengan tokoh, warga difabel, apparat desa,menggambarkan bahwa terdapat hambatan aksesibilitas fisik maupun non fisik. Sedangkan upaya mengatasi hambatan tersebut engan adanya sosialisasi atau penyadaran awal sebagai embrio munculnya kesadaran lingkungan yang inklusif.

 

References

Astri Hanjarwati, Siti Aminah, Jamil S, “EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA MENGENAI PENDIDIKAN INKLUSIâ€,

Journal of Disability Studies INKLUSI Vol. 1., No.2., tahun 2014

Dayinta Galih Jalanidhi, Identifikasi Hambatan-hambatan Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Inklusif SD Negeri 2 Petir Piyungan Bantul, Jurnal Widia Ortodidaktika, Vol. 6, No. 8, Tahun 2017.

Don K Marut, Riset Aksi Partisipatoris: Riset Pemberdayaan dan Pembebasan.

(Yogyakarta: Insist Press, 2004).

Jamil Suprihatiningrum, Astri Hanjarwati, Siti Aminah, “Persepsi Penyandang Disabilitas dan stakeholder untuk mmepromosikan dan mengembangkan komunitas inklusif di DIY dan Sulawesi Tenggaraâ€, Jurnal Sosiologi Reflektif 13 (2)

Pasal 9 UU Pengesahan CRPD atau Undang-undang No. 9 tahun 2011

Moh. Soehada, Panduan Program Pengabdian/KKN Tematik Among Tani Dagang Layar Kecamatan Saptosari Gunung Kidul, LPPM UIN Suka, 2018.

Ratih Probosiwi, Desa Inklusi Sebagai Perwujudan Pembangunan Berkelanjutan Bagi Penyandang Disabilitas, Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, Vol. 41, No. 3, Desember 2017

Siti Aminah, Jamil Suprihatiningrum, Astri Hanjarwati, “PRODADISA “Program Pemberdayaan Difabel Daksa†menuju Percontohan BKD (Balai Kerja Difabel) untuk Meningkatkan Kemandirian dan Life Skill Difabelâ€, Journal of Disability Studies INKLUSI terbitan 2, jilid 2, tahun 2015.

Siti Aminah, dkk., Survey Aksesibilitas Fisik dan Sosial dalam Penyususnan Grand Design Desa Inklusi di Desa Trumrti Srandakan Bantul, hibah Penelitian DIKTIS tahun 2018

Robin MC Taggard, Action Research: A Short Modern History, (Victoria: Deakin University, 1991).

Walter Fernandes dan Rajesh Tandon, Riset Partisipatoris Riset Pembebasan,

(Jakarta: Gramedia Pustaka, 1993)

Observasi peneliti saat pendampingan KKN pada tanggal 25 Juli 2019 di Balai Desa Planjan Saptosari Gunung Kidul.

Additional Files

Published

2024-04-06

How to Cite

Aminah, S. (2024). BARRIER ASESSMENT DALAM MEWUJUDKAN INKLUSI SOSIAL PADA KOMUNITAS DIFABEL DI DESA PLANJAN SAPTOSARI GUNUNG KIDUL. KABANTI : Jurnal Kerabat Antropologi, 7(2). Retrieved from https://journal.fib.uho.ac.id/index.php/kabantiantropologi/article/view/2571

Issue

Section

Volume 7 Nomor 2, Desember 2023