TRADISI MAPPAMULA ASE BARU PADA AWAL PANEN PADI DALAM MASYARAKAT BUGIS DI DESA RARONGKEU KECAMATAN LANTARI JAYA KABUPATEN BOMBANA

Authors

  • Salma Yuliana Tou
  • Nurtikawati
  • Shinta Arjunita Saputri

Keywords:

ritual, proses, fungsi, panen

Abstract

Tradisi Mappamula Ase Baru merupakan suatu tradisi masyarakat Bugis yang dilaksanakan ketika memasuki awal panen padi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pelaksanaan Tradisi Mappamula Ase Baru pada masyarakat Bugis di Desa Rarongkeu Kecamatan Lantari Jaya Kabupaten Bombana; 2) menganalisis fungsi Tradisi Mappamula Ase Baru pada masyarakat Bugis di Desa Rarongkeu Kecamatan Lantari Jaya Kabupaten Bombana. Dalam penelitian ini menggunakan teori Fungsionalisme Bronislaw Malinowski dengan Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi/Pengamatan, Wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan proses tradisi Mappamula Ase Baru terdiri dari tiga tahapan yaitu tahapan persiapan yang terdiri dari kegiatan penentuan waktu dan menyediakan sesajen, pelaksanaan yakni yang di mana tradisi mappamula ase baru akan dilaksanakan di lahan pertanian masyarakat dan dipimpin oleh sandro (dukun) dan tahap ketiga yaitu tahap akhir ialah membawa kembali ke rumah beberapa batang padi yang telah diambil dan diletakkan di bagian pusat atau tiang tengah rumah. Tradisi Mappamula Ase Baru memiliki fungsi yang diyakini oleh masyarakat Bugis yaitu sebagai identitas dan fungsi kepercayaan.

References

Aryuni. 2019. Ritual Mappanre Dewata Pada Pernikahan Masyarakat Bugis Di Desa Kalola Kecamatan Maniampajo Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Tenggara. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Ilwan. 2019. Ritual Mewuhiha Limano Bhisa Dalam Menyambut Pesta Panen Pada Masyarakat Desa Marindino Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara. Kendari: Universitas Halu Oleo

Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Muslifar, Rury & Andi Wahyu Irawan. 2022. Petuah Asera Temmallaiseng: Menegaskan Identitas Sosial Suku Bugis di Samarinda dan Implikasinya Terhadap Konseling Model KIPAS. Jurnal Bikotetik. 06(01).

Rahayu, Ashar. 2019. Ritual Kasaraka Pada Etnis Muna Di Desa Lasosodo Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Suryanti, dkk. 2020. Sejarah Diaspora Suku Bugis – Makassar di Kalimantan Tengah. Jurnal Rihlah. 08(02).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Volume 6 Nomor 2, Juli-Desember 2023