PERKEMBANGAN PERTANIAN MASYARAKAT DI DESA JATI BALI KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN 1970-2020

Main Article Content

Hikmah Alsari
Aslim Aslim
Hamuni Hamuni

Keywords

Pertanian, Masyarakat Bali, Jati Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan sistem pertanian tradisional masyarakat Bali di Desa Jati Bali Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan pada Tahun 1970. (2) Mengetahui dampak perkembangan sistem pertanian modern masyarakat Bali di Desa Jati Bali Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sejarah yang terdiri dari lima tahap penelitian, yaitu: (a) Pemilihan Topik, terbagi dua bagian yaitu kedekatan emosional dan kedekatan intelektual, (b) Heuristik sumber, terdiri dari studi dokumen, studi kepustakaan, wawancara, dan pengamatan. (c) Verifikasi sumber, yang dilakukan melalui kritik eksteren dan kritik interen, (d) Interpretasi sumber, yang dilakukan dengan analisis data dan sintesis. (e) Historigrafi, yang dilakukan secara sistematis dan objektif.             Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sistem pertanian masyarakat Bali di Desa Jati Bali pada awal kedatangannya yaitu menggunakan sistem pertanian tradisional. Sistem subak di Bali mereka pergunakan juga di  tempat transmigrasi mereka di Desa Jati Bali. (2) Setelah sistem pertanian tradisional ditinggalkan masyarakat Desa Jati Bali kemudian menggunakan sistem pertanian modern. Sistem modern tersebut ditandai dengan penggunaan alat-alat berteknologi seperti entraktor, jonder (john deer), serta grandong. (3) Dampak dari sistem pertanian modern bagi masyarakat Desa Jati Bali yaitu pekerjaan petani lebih efisien dan efektif dalam melakukan penanaman, perawatan dan juga pemanenan.

Abstract 31 | PDF Downloads 0

References

Asring. 2023. Kehidupan Sosial Ekonomi Petani Rumput Laut di Desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2000-2019. Journal Idea of History Volume 6 No.2, 2023 https://journal.fib.uho.ac.id/index.php/history/article/view/2399
Hadara, Ali. 2019. Historiografi. Kendari: Penerbit Sekarlangit.
Sjamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Tulus T.H Tambunan. 2006. Perkembangan Sektor Pertanian Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kariyasa, K. 2005. Sistem Integrasi Tanaman Ternak dalam Perspektif Reorientasi Kebujakan Subsidi Pupuk dan Meningkatkan Pendapatan Petani. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Litbang Pertanian Jakarta.
Rahim, Abdul. 2007. Usahatani. Ekonomi Pertanian. Jakarta
Budihari. Ni Luh Gede, Perubahan Fungsi Lahan Pertanian Menjadi Perumahan Berdampak Terhadap Sosial Ekonomi di Desa Bongan Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Bali.
I Ketut Gede Arta, Modernisasi pertanian, Perubahan Sosial Budaya dan Agama. UNHI PRESS.
Rifkian, E. Bayu, D. Modernisasi Pertanian (Studi Kasus Tentang Peluang Kerja dan Pendapatan Petani Dalam Sistem Pertanian di Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten jember). Pendidikan Ekonomi Jember.
Suwanto, A. Mikroorganisme Untuk Biokontrol : Strategi Penelitian dan Penerapan Dalam Bioteknologi Pertanian. Agrotek, IPB, Bogor.
Pitana, I Gede. Subak, Sistem Irigasi Tradisional di Bali (Sebuah Deskripsi Umum). Dalam Pitana (Editor). 1992. Subak Sistem Irigasi Tradisonal di Bali. Sebuah Canangsari Upeda Sastra. Denpasar.
Sulianti. 2022. Modernisasi Pertanian dan Kondisi Sosial Ekonomi Petani Sawah di Desa Duriasi Kecamatan Wonggeduku Kabupaten Konawe (1983-2021). Journal Idea of History Volume 5 No. 2, 2022 https://journal.fib.uho.ac.id/index.php/history/article/view/1887
Sutawan, N dan Wayan Windia. Studi Perbandingan Subak Dengan Sistem Pengairan Non PU dan Subak dengan Sistm Pengairan PU. Universitas Udayana. Denpasar.
Syahrun. 2023. Eksistensi Tradisi dan Budaya Masyarakat Transmigran Bali di Desa Jati Bali Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan. Sorume: Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya Vol 1 No. 2, 2023 https://journal.fib.uho.ac.id/index.php/sorume/article/view/2243
Widia, Wayan. Intervensi dalam Sebuah Pemerintahan Terhadap Subak (Beberapa Catatan). Dalam Pitana (Editor) 1992. Subak Sistem Irigasi Tradisonal di Bali . Sebuah Canangsari. Upada Sastra. Denpasar.