PENGOBATAN TRADISIONAL KATAMPU BUKU PADA MASYARAKAT MUNA (1969-2020)

Main Article Content

Pendais Hak
Wa Ode Salfia
La Ode Marhini
La Ode Dinda
La Dalima

Keywords

Katampu, Pengobatan, Tradisional, Masyarakat Muna

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksprisikan proses pelaksanaan dan nilai yang terkandung dalam katampu pada anak-anak di Muna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) katampu buku pada masyarakat Muna merupakan cara pengobatan tradisional untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit patah tulang. Katampu buku ini disebabkan banyak faktor seperti kecelakaan dari motor, mobil, jatuh dari kamar mandi, dan jatuh dari pohon yang menyebabkan tulang patah, retak, dan bergeser ; (2) Proses pelaksanaan katampu buku pada anak-anak di Muna pada dasarnya dilakukan dalam dua tahap, yaitu: (a) Pertama, mempersiapkan alat atau perlengkapan yang digunakan untuk pelaksanaan pengobatan katampu, daun serei, daun agel muda, kulubhea, beras, dan tali, (b) Kedua, bhatata (doa-doa), dekapihi ue bhe buku modaino (pencarian urat dan tulang yang bermasalah), dopasaane roono bhale nemotampuhano (pemasangan daun agael pada bagian tubuh yang patah), dopasaaene kulubhea nemotampuhano (tahap pemasangan pelepah pinang) dan tahap dokoliane kaako (diikatkan dengan tali). (3) Nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan katampu buku pada masyarakat Muna, yaitu nilai religius, kepercayaan, nilai sosial dan nilai pendidikan.

Abstract 138 | PDF Downloads 0

References

Adam, dkk.2000. Ensiklopedi Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aris, La Ode. 2012. Fungsi Ritual Kaago-Ago Pencegahan pada Masyarakat Muna di Sulawesi Tenggara. Jurnal Vol.4 No 1.
Asrizal, Rinaldi Aditya. 2014. Closed Fracture1/3 Middle Femur Dextra. Universitas Lampung: jurnal Vol. 2 No 3.
Bacthtiar, Sitti Maryam. 2018. Penerapan Askep Pada Pasien NY. N Dengan Post Operasi Fraktur Femur Dextra Pemenuhan Kebutuhan Aktivitas.Poli Teknik Kesehatan Makassar.Jurnal Vol. 09 No 2.
Bainudin, dkk.2019. Pengobatan Penyakit menurut Budaya Orang Muna di Kecamatan Batalaiworu Kabupaten Muna. Jurnal Penelitian Budaya. Vol. 4 (2). Kendari: Universitas Halu Oleo.
Devianty, Rina. 2017. Bahasa sebagai Cermin Kebudayaan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Medan: Jurnal Tarbiyah Vol. 24 No. 2
Djlantik. 1983. Peranan Pengobatan Tradisional pada Upaya Pelayanan Kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional dalam Pertemuan Ilmiah Pengobatan Tradisional Indonesia. Jakarta: Lembaga Penelitian Universitas Erlangga.
Fadilah.2014. Pembiayaan Pada Metode Pengobatan Patah Tulang Tradisional. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.
Faisal. 2017 Sistem Pengetahuan Lokal Orang Muna dalam Pengobatan Penyakit. Makassar: Balai Pelestarian Nilai Budaya Makassar.
Hadara, Ali. 2019. Prosedur dan Pendekatan dalam Penelitian dan Penulisan Sejarah. Kendari: Sekarlangit.
Hakim. 2003. Tradisi Upacara Selamatn Laut.Skripsi Malang : Universitas Malang.
Herlina, Nina. 2020. Metode Sejarah. Bandung: Satya Historika.
Ihsan, dkk. 2014. Studi Etnomedisin Obat` Tradisional Lansau Khas Suku Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. Majalah Farmasi, Sains, dan Kesehatan. Pharmauho.Vol. 2 (1). Kendari: Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo.
Kluckhon, C. 1951. Cukturand Behavior. New York.: The Fre Press.
Koentjaraningarat. 1994. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Nusa Media.
Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang: Jurnal Vol. 2 No.12.
Peursen. 1985. Strategi Kebudayan. Jakarta: Balai Pustaka
Poerwadarminta, W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Putri, ayu widya, dkk.2019. Asuhan Keperawatan Pada Klien Post Operasi Fraktur Eksteremitas Bawah Dengan Masalah Gangguan Mobilitas Fisik. Sekoah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Waluya Malang: Fraktur, Post Operative, Phisycal Mobility
Said, Hasani Ahmad. 2011. Meneguhkan Kembali Tradisi Pesantren di Nusantara. Universitas IAIN Lampung: Jurnal Vol.9 No. 2
Soerjono Soekanto. 1987. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press
Soerjono Soekanto. 2006. Perubahan-Perubahan Sosisal. Jakarta: Rajawali Press.
Suparto. 1987. Sosiologi dan Antropologi. Bandung: CV Armico.
Wahid, Wa Ode Lilis. 2017. Sejarah Pengobatan Tradisional Orang Buton di Kecamatan Batupoaro Kota Bau-Bau. Skripsi Kendari: FIB Unhalu
Yuniar, Dias Putri, dkk. 2017. Perilaku Pemagang Pengobatan Patah Tulang.
Zulkifli.2004. Pengobatan Tradisional sebagai Pengobatan Alternatif Harus Dilestarikan. Medan: Universitas Sumatra Utara.