##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Wa Ode Halfian

Abstract

Cerita rakyat, merupakan warisan budaya nasional dan masih mempunyai nilai-nilai yang patut dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kehidupan masa kini dan masa yang akan datang, antara lain dalam hubungan dengan pembinaan apresiasi sastra. Cerita rakyat juga telah lama berperan sebagai wahana pemahaman gagasan dan pewarisan tata nilai yang tumbuh dalam masyarakat. Karena banyaknya nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat, maka pengkajian dan pelestarian cerita rakyat ini dianggap perlu untuk dilakukan. Pengkajian dilakukan agar nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat tersebut dapat dipahami dan diketahui oleh masyarakat khususnya masyarakat pemilik cerita tersebut serta masyarakat pada umumnya. Salah satu nilai yang terkandung dalam cerita rakyat adalah nilai pendidikan karakter. Nilai ini dianggap sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Melalui cerita rakyat, kita dapat memperkenalkan berbagai macam nilai-nilai karakter yang nantinya dapat dianut atau dicontoh oleh anak-anak tersebut. Pendidikan karakter dilakukan melalui pendidikan nilai-nilai atau kebijakan yang menjadi nilai dasar karakter bangsa. Kebijakan yang menjadi atribut suatu karakter pada  dasarnya  adalah  nilai. Cerita I Laurang merupakan cerita masyarakat Sulawesi Selatan yang bersifat lisan. Dalam cerita ini banyak terkandung nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan sebagai panutan dalam kehidupan sehari-hari, seperti nilai religi, jujur, kerja keras, disiplin, cinta tanah air, demokratis, tanggung jawab dan kreatif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Keywords

nilai, pendidikan karakter, cerita rakyat

References
Danandjaya, J. (1996). Folklore Indonesia. Ja-karta: Pustaka Utama Graffiti.

Djamaris, E. (1993). Menggali Khasanah Sastra Melayu Klasik. Jakarta: Balai Pustaka.

Gafar, Z.A. (1991). Struktur Sastra Lisan Serawi. Jakarta: Depdikbud.

Rachman, R. (1994). Tinjauan terhadap Nilai-Nilai Pancasila yang Terkandung dalam Cerita Rakyat Masyarakat Muna. Skripsi Strata Satu pada FKIP Universitas Haluoleo Kendari: tidak diterbitkan.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Erlangga.

Wibowo, A. (2014). Pendidikan Karater: Strategi Membangun Karakter Bangsa Peradaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Section
Volume 8, Nomor 3, Oktober 2019