Workshop Penulisan Kritik Sastra pada Kelompok Belajar HMPS Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo

Main Article Content

Elmy Selfiana Malik
Nur Israfyan Sofian
Raemon Raemon
Nurlailatul Qadriani
La Ode Marhini

Keywords

kritik sastra, karya sastra, workshop

Abstract

Kritik sastra sangat penting dilakukan untuk menilai kelebihan ataupun kekurangan dari suatu karya sastra. Penilaian terhadap karya sastra dengan melakukan kritik sastra salah satunya dapat dilakukan oleh mahasiswa peminatan sastra. Namun, kurangnya pemahaman akan kritik sastra membuat kritik sastra yang dihasilkan tidak semasif pembuatan karya sastra. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini mengambil judul Workshop Penulisan Kritik Sastra pada Kelompok Belajar HMPS Sastra Indonesia FIB UHO. Tujuan dari workshop ini adalah untuk mengukur pemahaman Kelompok Belajar HMPS Sastra Indonesia FIB UHO akan kritik sastra dan memotivasi Kelompok Belajar HMPS Sastra Indonesia FIB UHO agar dapat membuat kritik sastra terhadap karya sastra. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah dari 5 kelompok peserta, 4 kelompok belajar mahasiswa telah menuliskan penilaian terhadap karya sastra yang mereka kritik dengan baik dan sistematis, analisis, dan penafsirannya berdasarkan teori dan metode yang mereka gunakan. Sementara 1 kelompok masih kurang dalam mengelaborasikan penafsiran mereka terhadap karya sastra yang mereka kritik dengan teori yang mereka gunakan.                                          


 

Abstract 56 | PDF Downloads 0

References

Adhika. 2022. « Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2022 Ajang Pesta Sastrawan Muda », dalam Website Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, 23 Agustus.

Asriningsari, Ambarini dan Nazla Maharani Umaya. 2016. Jendela Kritik Sastra: Menjadi Kritikus Akademika Melalui Jendela Kritik Sastra Indonesia. Semarang: Universitas PGRI.

Gusar, Martua Reynhat Sitanggang. 2022. Kritik Sastra. Pematangsiantar: Universitas HKBP Nommensen.

Sayuti, Suminto A. 2014. Pengantar Kritik Sastra. Jakarta: Universitas Terbuka.