PELATIHAN MENULIS ESSAI SEBAGAI BENTUK PENDAMPINGAN TERHADAP KOMUNITAS LITERASI DI KOTA KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.33772/xbq1m204Keywords:
Anak Muda, Essai, Keterampilan MenulisAbstract
Minat menulis generasi muda di era digital menghadapi tantangan yang cukup besar. Kemajuan teknologi khususnya keberadaan gadget mengalihkan perhatian dan minat anak muda untuk membaca dan menulis. Sejumlah anak muda justru tertarik dengan tampilan audio visual yang dihadirkan oleh gadget dan teknologi canggih lainnya. Sejumlah anak muda saat ini juga cenderung terjebak dalam dunia media sosial. Tentu saja hal tersebut menjadi penghambat untuk mengembangkan kemampuan menulis mereka. Terkait dengan hal tersebut, tim pengabdian dari Universitas Halu Oleo berupaya berkonstribusi untuk memberikan pendampingan kelas menulis terhadap sejumlah anak muda dari Komunitas Menulis di Kota Kendari. Kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan Pelatihan dan Diskusi Kelompok kepada sejumlah anak muda yang tergabung dalam Komunitas Menulis se-Kota Kendari. Pertama, peserta diberikan pengetahuan mengenai pentingnya memiliki kemampuan menulis essai. Kedua, peserta diberikan pengetahuan tentang kiat-kiat mengasa dan mengembangkan kemampuan menulis essai. Ketiga, dilakukan proses latihan menulis serta diskusi kelompok mengenai topik pengabdian. Dari hasil pengamatan kegiatan di lapangan, diperoleh informasi bahwa sebagian peserta yang tergabung dalam komunitas menulis memiliki minat untuk mengembangkan kemampuan menulisnya, khususnya untuk menulis essai panjang. Setelah mengikuti pelatihan penulisan, para peserta semakin termotivasi untuk meningkatkan kemampuan menulisnya.
References
Abubakar, Dahlan. 2010. Membuat Fakta Bergoyang. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif. Bandung: Salam Madani.
Ajidarma, Seno Gumira. 2000. Layar Kata. Yogyakarta: BentangDiponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerpen , Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaidirman. 2019. Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gadget) pada Kalangan Remaja Suku Bajo. Journal of Holistic Nursing and Health Science, Vol 2 No 2,
Dahlan, Muhidin M. 2016. Inilah Esai, Tangkas Menulis Bersama Para Pesohor. Yogyakarta: I Bokoe.
Eneste, Panusuk (ed.). 1983. Proses Kreatif (Mengapa dan Bagaimana Saya Mengarang).
Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda.
Lutters, Elizabet, Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: Grasindo.
Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gamma Media.
www.kompasiana.com
https://lib.ub.ac.id/berita/mengapa-literasi-adalah-keterampilan-kunci-untuk-masa-depan/