PENDIDIKAN FORMAL DI PULAU KALEDUPA (1945-1998)

Main Article Content

Elsa Amala Putri
Faika Burhan
Halijah Koso

Keywords

Perkembangan, Pendidikan, Pendidikan Formal, Pulau Kaledupa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan perkembangan pendidikan formal di Pulau Kaledupa pascakemerdekaan sampai reformasi. (2) menjelaskan dampak pendidikan formal terhadap masyarakat Pulau Kaledupa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sejarah menurut Kuntowijoyo yang terdiri dari lima tahap penelitian, yaitu : (1) Pemilihan topik, (2) Heuristik sumber, (3) Verifikasi sumber, (4) Interpretasi, (5) Historiografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Perkembangan pendidikan formal di Pulau Kaledupa periode 1945-1998, antara lain (a) Perkembangan pendidikan sekolah rakyat yang sudah ada sejak sebelum 1945 dan kemudian berganti nama menjadi sekolah dasar pada tahun 1960.  (b) Perkembangan pendidikan sekolah menengah pertama dimulai dari dibangunnya sekolah menengah umum tingkat pertama pada tahun 1960, SMEP  pada tahun 1968 yang kemudian berubah menjadi SMP Langge pada tahun 1978, Madrasah Tsanawiyah pada tahun 1970-an, SMP PGRI pada tahun 1980-an, serta SMPN 3 Kaledupa yang berdiri tahun 1998. (c) Perkembangan pendidikan sekolah menengah atas yang baru dibangun di Pulau Kaledupa tahun 1989 yaitu SMAN Kaledupa. (2) Dampak Pendidikan Formal di Pulau Kaledupa (1945-1998), antara lain (a) Kualitas Sumber Daya Manusia Masyarakat, (b) Kesejahteraan Masyarakat.

Abstract 17 | PDF Downloads 0

References

Ahmadi, R. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fatma. 2022. Peran Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) dalam Pengembangan Pendidikan di Kota Kendari: 1950-2020. Journal Idea of History, Volume 5 No. 1, 2022 https://journal.fib.uho.ac.id/index.php/history/article/view/1650
Gunawan, Ary. 1995. Kebijakan- Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara
Hadara, Ali dkk. 2012. Sejarah Wakatobi Dari Praintegrasi Hingga Terbentuknya Barata Kaedupa. Kendari: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pnedidikan Universitas Halu Oleo.
Haryanah, N. 2004. “Rekonstruksi Sistem Pendidikan di Indonesia sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Bangsa” dalam Jurnal Mimbar: Sosial dan Pembangunan Vol 20, Nomor 4 (Halaman 540-554). Bandung: Universitas Islam Bandung
Herlina, Nina. 2020. Metode Sejarah. Bandung: Satya Historika.
Ki Hajar Dewantara. 1997. Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Kuntowijoyo. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
Nurkholis. 2013. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi” dalam Jurnal Kependidikan Vol 1, Nomor 1 (Halaman 24-44). Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Rabani, dkk. 2006. Pelayaran Masyarakat Wakatobi Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara 1960-1987. Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Airlangga.
Suprijanto. 2009. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes
Suwarno, P.J, Dkk. 1998. Sekolah Mengajar dan Mendidik. Jakarta: Aksara Baru
Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Wahyuni, 2015. “Kurikulum dari Masa Ke Masa” dalam Jurnal Al-Adabiya Vol 10, Nomor 2 (Halaman 231-242). Ponorogo: Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo