AGEN PEDAGANG PISANG : STUDI DISTRIBUSI JARINGAN PEMASARAN OLEH IBU-IBU

Wa Ode Sarianti
Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
La Ode Topo Jers
Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
Share:

Abstract

TujuanndarimPenelitian ini yaitu untuk memahami serta mendeskripsikan strategi pedagang pengecer dalam memasarkan pisang di pasar Matakidi Kecamatan Barangka Kabupaten Muna Barat. menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilaksanakan melalui pengamatan biasa, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa cara yang dilakukan oleh pedagang pengecer dalam memasarkan pisang di pasar matakidi adalah dengan strategi promosi terhadap langganan serta menentukan harga jual pisang dalam hitung perbuah dan hitung sisir. Hubungan langganan sering terjadi karena adanya hubungan persahabatan,persaudaraan bahkan hubungan tetangga. Dari hubungan tersebut dapat memicu seseorang dari seorang pembeli bisa menjadi langganan tetap. Nilai merupakan salah satu faktor urgen yang mempengaruhi dalam pemasaran khususnya dalam perdagangan pisang, sedangkan harga setiap pisang yang dijual berbeda-beda tergantung ukuran jenis pisangnya. Pisang yang dijual dengan cara hitung buah yaitu pisang kepok dan pisang awak, sedangkan jenis pisang lainnya dijual berdasarkan persisir.

References

Aisyah, (2015). PedagangyKakigLima Membandel Di Jawa Timur. Jurnal Masyarakat Dan Kebudayaan Politik Tahun 2012, Volume 25 No. 1:47-55

Bahrul, K.A. (2015). Strategis Bertahan Hidup Komunitas Pedagang Asongan Di Terminal Amplas Medan. Program Studi Pendidikan Antropologi Sosial Dan Budaya 1 (1) (2015) : 52-63

Bukhari, MHSc. (2017). Pedagang Kaki Lima (Pkl) Dan Jaringan Sosial : Suatu Analisis Sosiologi Dosen Program Studi Sosiologi Universitas Syariah Kuala, Banda Aceh. Jurnal Sosiologi Usk Volume 11 No. 1 Juni 2017.

Barlin, (2019). Strategi Penjual Jagung Rebus (Pjr) Dalam Menarik Pelanggan di Desa Amesiu Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe Jurusan Antropologi Universitas Halu Oleo. Jurnal Kerabat Antropologi Vol. 3, No.2, Januari-Juni 2019.

Damsar (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Kencana Prenatal Media Group.

Indrawati, T. (2014). Analisis sumber dalam penjualan di pasar Tradisional kota semarang fakultas ekonomi universitas Riau. Jurnal Ekonomi Tahun 2014, Vol,22,No.1

Popy. (2019) pedagang warung mobil studi Antropologi Ekonomi Kecamatan Baruga Kota Kendari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo. Jurnal Sosial dan Budaya Tahun 2019, Volume 8, Nomor 2.

Rani. (2019) Pengaruh Modal dan Lama Usaha terhadap Pendapatan pedagang di Pasar Tradisionalkpasaryminggu. Universitas Bina Saranaklinoformatika. Volume 3, Nomor 1.

Rahim, A. (2016). Identifikasi Distribusi Saluran Pemasaran Kripik Tempe di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu Studi Kasus Usaha Keripik Tempe Ibu Pur. Skripsi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengairan Rokan Hulu.

Sholihah, F.V. (2017). Dinamika Sosial Ekonomi Pada Distribusi Komoditas Pisang Skala Rakyat di Jawa Barat Fakultas Ekologi Manusia, Sekolah Pasca Sarjana, Institute Pertanian Bogor. Solidity : Jurnal Sosiologi Pedesaan / April 2017, Hal 52-60 /54.

Spradley, James P, MZ Elizabeth, Amirudin. (1997). Metode Etnografi. Yogyakarta : Tiara Wacana

Sofyan, T. (2017). StrategismBerdagang Pedagang Kaki Lima (Pkl) Dikawasan Anjung Cahaya Tepi Laut Kota Tanjungpinang. Skripsi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Maritime Raja Ali Haji 2017.
How to Cite
Sarianti, W. O., & Jers, L. O. T. (2022). AGEN PEDAGANG PISANG : STUDI DISTRIBUSI JARINGAN PEMASARAN OLEH IBU-IBU. KABANTI : Jurnal Kerabat Antropologi, 6(1), 107–114. https://doi.org/10.33772/kabanti.v6i1.1443

Send mail to Author


Send Cancel

Custom technologies based on your needs

  • MongoDB
  • ElasticSearch
  • Redis
  • Solr
  • Memcached