##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sartika Sry Asriana La Janu Ahmat keke

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyembuhan penyakit pada pasien melalui ruqyah syar’iyyah dan untuk mengetahui alasan pasien memilih penyembuhan melalui ruqyah syar’iyyah di Kelurahan Watonea. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teori etiologi penyakit personalistik (Foster & Anderson, 1996) didampingi dengan teori pengambilan keputusan (James A.F Stoner). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif serta metode etnografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, dalam proses penyembuhan penyakit melalui ruqyah syar’iyyah terbagi atas 6 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pembaringan, tahap dibacakan doa atau ayat, tahap pengIslaman atau penyembelihan jin, tahap duduk, dan yang terakhir tahap penyelesaian. Dan kedua, alasan yang didapatkan dari 9 pasien yaitu rata-rata mereka memilih ruqyah syar’iyyah disebabkan beberapa faktor yaitu, pertama, pasien capek dan putus asa dalam melakukan pengobatan medis. Kedua, tidak mau mengkonsumsi obat-obatan medis atau ramuan. Ketiga, capek dalam berobat ke alternatif lain atau berdukun. Dan keempat, memiliki pengalaman tidak mengenakkan.

References
Dasiroh Umi. (2017). Kontruksi Makna Ruqyah Bagi Pasien Pengobatan Alternatif .Kota Pekanbaru. Jurnal : Universitas Pekanbaru Riau.

Hanifah Millaty. (2015). “Dampak Terapi Ruqyah Syar’iyyah Dalam Pemulihan Kesehatan Mental Pasien”. Cililitan Jakarta Timur

Herdiyanto dan Triyono. (2017). Jurnal Psikologi Udayana : Universitas Udayana

Kamil. (2015). “Efektivitas Terapi Ruqyah Sya’iyyah Dalam Mengatasi Gangguan Kejiwaan”. Palembang . Skrpsi : Universitas Islam Negeri Raden Fattah

Koentjaraningrat. (ed). (1994). Metode-metode penelitian masyarakat. Jakarta

Mu’alifah Fatimatul. 2018. “Terapi Ruqyah Syar’iyyah di Klinik Griya Sehat Syafa’at 99” . Semarang. Skripsi : Universitas Islam Negeri Walisongo.

Rahma Annisa. (2018). “Terapi Al-qur’an Dengan Metode Ruqyah Syar’iyyah Dalam Penyembuhan Gangguan Psikis Di Rumah Ruqyah Solo. Surakarta : Skripsi : Institusi Agama Islam Negeri Surakarta.

Spradley P James. (1997). Metode Etnografi. Yogyakarta. Tiara Wacana

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administratif. Alfabeta

Syarifuddin Muhammad.(2018). “Terapi Ruqyah Syar’iyyah Untuk Mengatasi Gangguan Kesurupan Dalam Pandangan Ustad Sahudi”. Semarang. Skripsi : Universitas Islam Negeri Walisongo.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Volume 4, Nomor 2, Juli - Desember 2020