IDENTIFIKASI TINGGALAN ARKEOLOGIS PADA SITUS BENTENG TOMOAHI DI DESA ERINERE KECAMATAN KULISUSU UTARA KABUPATEN BUTON UTARA

Authors

  • Sadam Sadam Universitas Halu Oleo
  • Syahrun Syahrun Universitas Halu Oleo
  • Sandy Suseno Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/sangia.v5i1.1161

Keywords:

Benteng, Pemukiman, Pertahanan, Kulisusu

Abstract

Benteng Tomoahi merupakan peninggalan warisan leluhur yang menjadi saksi sejarah dan cerminan kehidupan masa lampau karena memiliki riwayat yang bersejarah dalam melawan serangan pasukan Tobelo. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan menjelaskan apa saja tinggalan yang terdapat pada situs Benteng Tomoahi (2) untuk mengetahui fungsi Benteng Tomoahi berdasarkan tinggalannya. Penelitian ini menggunakan konsep arkeologi keruangan dan menggunakan metode penelitian deskriptif teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi lapangan, serta tahap pengolahan data analisis kontekstual dan morfologi dalam menjawab permasalah penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa tinggalan arkeologi yang terdapat pada situs Benteng yaitu Benteng Tomoahi mempunyai 3 gerbang, 2 bastion dan temuan lepas berupa pecahan keramik, gerabah dan berbagai macam kulit kerang. Sedangkan untuk fungsi Benteng Tomoahi yakni Sebagai tempat pemukiman, dan sebagai tempat pertahanan dan keamanan.

References

Hasanuddin, 2010. Eksistensi Benteng Wabula Sebagai Bentuk Pertahanan Berlapis Kerajaan Buton, Sulawesi Tenggara. Walennae Vol. 12 No. 1: 25-30.

Hadara, Ali. 1987 “Sistem Pelayaran dan Perdagangan Masyarakat Kulisusu: Tinjauan Kependidikan Sejarah”, (Kendari: A thesis of Haluoleo University).
Mundardjito. 2002. Pertimbangan Ekologis Penempatan Situs Masa Hindu-Budha di Daerah Yogyakarta. Jakarta. Wadatama Widya Sastra.

Sukendar, Haris dkk 1999.“ Metode Penelitian Arkeologi”. Jakarta. Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Downloads

Published

2021-08-13

How to Cite

Sadam, S., Syahrun, S. and Suseno, S. (2021) “IDENTIFIKASI TINGGALAN ARKEOLOGIS PADA SITUS BENTENG TOMOAHI DI DESA ERINERE KECAMATAN KULISUSU UTARA KABUPATEN BUTON UTARA”, SANGIA JOURNAL OF ARCHAEOLOGY RESEARCH. Kendari, Indonesia, 5(1), pp. 46–61. doi: 10.33772/sangia.v5i1.1161.

Issue

Section

Volume 5, Nomor 1, Juni 2021

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>