GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU GRUP BAND ILAIKA DAN VATABRATA

Authors

  • Siska Puspita Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo
  • Maliudin Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Gaya Bahasa, Lirik Lagu, Ilaika, Vatabrata

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Grup Band Ilaika dan Vatabrata. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan gaya bahasa dalam lirik lagu grup band Ilaika dan Vatabrata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa lirik lagu pada grup band Ilaika dan Vatabrata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang terkandung dalam lirik lagu grup band Ilaika dan Vatabrata terdapat 28 kutipan, pada lagu Asumsi Kosong terdapat 10 kutipan yaitu gaya bahasa perbandingan 3 kutipan, gaya bahasa pertentangan 4 kutipan, dan gaya bahasa perulangan 3 kutipan. Pada lagu Rotasi Nafsu Imaji terdapat 5 kutipan yaitu gaya bahasa perbandingan 1 kutipan, gaya bahasa pertentangan 1 kutipan, gaya bahasa pertautan 1 kutipan dan gaya bahasa perulangan 2 kutipan. Pada lagu Cahaya terdapat 6 kutipan yaitu gaya bahasa perbandingan 3 kutipan, gaya bahasa pertentangan 2 kutipan, dan gaya bahasa perulangan 1 kutipan. Pada lagu Syal Merah terdapat 7 kutipan yaitu gaya bahasa perbandingan 1 kutipan, gaya bahasa pertentangan 1 kutipan dan gaya bahasa perulangan 5 kutipan.

 Kata Kunci : Gaya Bahasa, Lirik Lagu, Ilaika, Vatabrata

References

Ibrahim, Soleh. (2015). “Analisis Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Novel Mimpi Bayang Jingga Karya Sanie B. Kuncoroâ€. Tersedia di. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/388.

Diakses pada 25 Februari, pukul 11.10 Wita.

Lalanissa, A.R. & Nazaruddin, K. (2017). Gaya Bahasa Kiasan dalam Kumpulan Cerpen Juragan Haji dan Kelayakannya di SMA. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 1-12.

Ma’rif, Moh. Syamsul & Abadiah, Lana Saadatul (2021). Analisis DIksi dan Gaya Bahasa dalam Album Perdana Andmesh Kamalang. Jurnal Tarbiatunal Vol. 2, No. 1 Juni 2021.

Masruchin, Ulin Nuha. (2017). Buku Pintar Majas, Pantun, dan Puisi. Yogyakarta: Huta Media.

Mulyana. (2014). Bahasa Jawa Kreatif Panduan Lengkap Menulis dalam Bahasa Jawa. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Pradopo, Rachmat Djoko. (1997). Beberapa Teori Sastra, Metode, dan Penggunaannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. (2013). Stilistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ratna, Nyoman Kutha. (2016). Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Additional Files

Published

2023-06-30

How to Cite

Puspita, S. and Maliudin (2023) “GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU GRUP BAND ILAIKA DAN VATABRATA ”, Cakrawala Listra: Jurnal Kajian Sastra, Bahasa, dan Budaya Indonesia, 6(1), pp. 71–84. Available at: https://journal.fib.uho.ac.id/index.php/cakrawalalistra/article/view/2196 (Accessed: 16July2024).

Issue

Section

Volume 6 Nomor 1, Juni 2023