INTERAKSI SOSIAL SUKU BUGIS DENGAN MORONENE DI DESA MATABUNDU KABUPATEN BOMBANA TAHUN 1969-2022

Main Article Content

Nining Angriani
La Ode Ali Basri

Keywords

Interaksi sosial, Bugis, Moronene, Asosiatif, Disosiatif, Perjanjian Tanduale

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) interaksi  Suku Bugis dengan Moronene di Desa Matabundu Kabupaten Bombana Tahun 1969-2022; (2) indikator penentu interaksi  Suku Bugis dengan Moronene di Desa Matabundu Kabupaten Bombana Tahun 1969-2022; (3) Kontribusi interaksi  antara Suku Bugis dengan Moronene di Desa Matabundu Kabupaten Bombana Tahun 1969-2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi sejarah (historical research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa; wawancara terhadap lima orang informan, observasi dan dokumentasi. Metode sejaran dipilih untuk mengkaji penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pola interaksi sosial Suku Bugis dengan Moronene di Desa Matabundu Kabupaten Bombana Tahun 1969-2022 terdiri dari dua jenis yaitu asosiatif dan disosiatif yang didominasi oleh asosiatif (2) nilai-nilai sejarah merupakan faktor utama yang memengaruhi interaksi sosial Suku Bugis dengan Moronene di Desa Matabundu Kabupaten Bombana Tahun 1969-2022; dan (3) dampak interaksi sosial Suku Bugis dengan Moronene di Desa Matabundu Kabupaten Bombana Tahun 1969-2022 adalah dampak positif berupa berkembangnya nilai-nilai toleransi, kerukunan dan kekeluargaan antara kedua suku. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kedekatan emosional antara suku Bugis dan Suku Moronene di Kabupaten Bombana telah lama terjalin sejak diadakannya perjanjian persahabatan antara kedua suku tersebut yang berdampak pada hubungan positif  interaksi sosial mereka.

Abstract 13 | PDF Downloads 0

References

Agustang, A., Pada, A. T., & Bastiana, M. (2020). Social Interaction Of Local Communities With Migrants And Changes In The Structure Of Local Communities (Study On Plural Society In Makassar Industrial Area). . Atlantis Press, 931–935.
Al-Gazali, M. Y. (2023). Interaksi Sosial Masyarakat Berbeda Agama Dalam Perspektif Komunikasi Antar Budaya Di Kota Tua Ampenan Mataram. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 4(1), 465-473.
Apriana, D. N., & Fatmah. (2022). Pola Interaksi dan Integrasi Budaya Arab-Melayu Palembang. Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(2), 181-195.
Arsyad, M., & Rama, B. (2019). Urgensi Pendidikan Islam Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Soppeng: Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-Musannif, 1(1), 1-18.
Astuti, R. S., Al-Jannah, S., Amin, A., & Mukhlisuddin, M. (2023). Hakekat Perubahan Sosial.. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1481-1489.
Azisi, A. M. (2020). Islam Nusantara: Corak Keislaman Indonesia Dan Perannya Dalam Menghadapi Kelompok Puritan.. Empirisma: Jurnal Pemikiran dan Kebudayaan Islam, 29(2), 123-136.
Betu, S. (2023). Pata Dela: Cultural Identity In Supporting Interreligious Tolerance and Honor. . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 15(1), 7-21.
Bujuri, D. A., Khodijah, N., & Baiti, M. (2023). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Peradaban Islam Melayu Di Sumatera Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 1-12.
Damanik, R. J., Nababan, S. A., Sumantri, P., Hardiyansyah, M. R., Nugraha, M. A., & Azis, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Sumatera Utara di Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Islam Sumatera Utara. slamic Education, 3(1), 27-34.
Damayanti, R. A., & Jasjfi, E. F. (2022). Ruang Komunal Untuk Keberlanjutan Interaksi Sosial Masyarakat Minangkabau. Junal Arsitektur ARCADE, 6(2), 199-205.
Dedy, F., Saleh, M., & Sahar, S. (2023). Pola Interaksi Sosial Masyarakat Muslim dan Non Muslim di Kelurahan Tengan Kecamatan Mangkendek Kabupaten Tana Toraja.. Macora, 2(1), 1-9.
Dewi, M., & Riyanto, E. D. (n.d.). Asimilasi dan Akulturasi Budaya Punjungan Pada Prosesi Pernikahan Masyarakat Transmigran di Bumi Minangkabau. . Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(2), 444-457.
Diantika, P., & Mastini, G. N. (2023). Moderasi Beragama Melalui Pemujaan Hindu-Islam Di Pura Keramat Desa Adat Seseh Kabupaten Badung. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 6(2), 207-223.
Fadli, F. (2019). Media Kreatif Walisongo Dalam Menyemai Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di Jawa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2, 287-302.
Fitriani, D. (2022). Nilai Moderasi Beragama Sebagai Sumber Belajar Sejarah di Sekolah Menengah Atas. . Prabayaksa: Journal of History Education, 2(1), 17-22.
Hanifah, N. A. (2023). Interaksi Sosial Antarumat Beragama Di Kelurahan Kingking, Tuban. Harmoni, 22(1), 187-207.
Harmi, H. (2022). Interaksi Sosial Siswa Beda Agama di Sekolah dan Masyarakat. Jurnal Basicedu, 6(3), 5483 - 5490.
Hartatik, W. d. (2018). Metode Penelitian Sejarah (Dari Riset Hingga Penulisan). Yugyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Hilmi, B., Saputra, H. R., Hidayah, S. S., & Suwardana, R. T. (2023). Penggunaan Bahasa Indonesia Warga Sekitar Yang Dapat Berpengaruh Dalam Lingkungan Sosial Dan Budaya. . Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 149-159.
Karsiwan, K., Retnosari, L., Lisdiana, A., & Hamer, W. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Lampung. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 4(1), 39-52.
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. . Yogyakarta: Tiara Wacana.
Kurnianto, R. D., & Iswari, R. (2019). Bentuk Toleransi Umat Beragama Islam dan Konghucu di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 8(1), 572-586.
Libra, G., & Ikhwab, I. (2019). Pola Interaksi Sosial Masyarakat Muslim Dengan Masyarakat Non Muslim Di Jorong Sentosa Nagari Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(1), 77-83.
Lionar, U., & Mulyana, A. (2019). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah: Identifikasi Pada Silabus.. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 11-25.
Manuputty, P. H., Saija, D. E., & Makaruku, N. D. (2023). Dinamika Interaksi Sosial Di Rumah Kopi Kota Ambon. Komunitas: Jurnal Ilmu Sosiologi, 6(1), 33-43.
Pranata, R. H., & Hartati, U. (2017). Interaksi Sosial Suku Sunda Dengan Suku Jawa (Kajian Akulturasi dan Akomodasi di Desa Buko Poso, Kabupaten Mesuji). Jurnal Swarnadwipa, 1(3), 179-190.
Prasasti, M. G., & Sari, M. M. (2023). Upaya Anggota Jaringan Gusdurian Pasuruan dalam Membina Toleransi Antar Umat Beragama. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 961-980.
Prastyo, A. T. (2022). Kesadaran Keagamaan dan Harmoni Sosial Muslim Plateau Dieng.. At-Tafkir, 15(1), 44-69.
Purwanti, E., Muhtarom, M., & Idris, M. (2023). Pendidikan Toleransi Dalam Masyarakat Multikulturalisme (Kajian Masyarakat Multikultur di Kelurahan Fajar Esuk Kabupaten Pringsewu):(Kajian masyarakat multikultur di Kelurahan Fajar Esuk). urnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 8(02), 1-10.
Rahitasari, N. P. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Nyama Bali-Nyama Selam Untuk Meningkatkan Toleransi Beragama di SMA Negeri 4 Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Riswandi. 2023. Interaksi Sosial Orang Buton dengan Orang Bugis di Kampung Butung Kabupaten Kendari: 1910-1978. Sorume: Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, Volume 1 Nomor 1 https://journal.fib.uho.ac.id/index.php/sorume/article/view/2157.
Rizqi, M. I., & Mujiwati, Y. (2023). Dinamika Kehidupan Budaya Masyarakat Suku Tengger dalam Harmoni Lintas Agama. . Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1), 95-102.
Rosyid, M. (2021). Situs Hindu Pra-islam di Kudus dan Sikap Toleran Sunan Kudus. Khazanah Theologia, 3(3), 171-180.
Roza, E., Pama, S. A., Erni, S., & Pama, V. I. (2023). Baju Kurung Tradisional: Citra Diri Perempuan Melayu Riau Berkearifan Lokal Budaya. . Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 20(1), 29-42.
Saimima, M. S. (2023). Pendidikan Perdamaian: Integrasi Nilai Islam dan Budaya Lokal dalam Membangun Harmoni di Maluku. . Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).
Setyabudi, M. N. (2020). Toleransi: Dari Pengalaman Sejarah Menuju Konstruksi Teoritis. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(1), 103-111.
Setyawati, D., & Rusdiana, Y. T. (2022). Strategi Meningkatkan Sikap Toleransi melalui Model Sejarah Keberagaman Pemukiman Etnis di Palembang. Danadyaksa Historica, 2(1), 11-21.
Subair, M., & Rismawidiawati. (2020). Tanduale: Rewarding Religious Education in The Ethnic Bugis and Moronene Brotherhood Agreement in South Sulawesi Bombana. Proceedings of the First International Conference on Religion and Education 2019. Indonesia : INCRE.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukarti, S. (2023). Harmonisasi Sosial Pada Perilaku Keagamaan Masyarakat Buddhis dan Muslim Dalam Kajian Upali Sutta.. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 9(1), 33-42.
Sultan, M., Kamaluddin, K., & Fitriani, F. (2023). Harmonisasi Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan Dalam Pandangan Islam dan Kong Hu Cu. Jurnal Penelitian Medan Agama, 14(1), 1-11.
Tanesab, K., & Tanesab, J. (2023). Interaksi Sosial Antara Orang Bugis Dan Atoen Pah Meto:(Studi Sosiologis Di Desa Teun Baun Dan Desa Nekbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang). Journal of Creative Student Research, 1(2), 293-301.