BERTANI LADA PADA MASYARAKAT DESA LAROMERUI KECAMATAN ROUTA KABUPATEN KONAWE

Juliana Rahman
Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
Erens Elvianus Ekoodoh
Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
Share:

Abstract

Penelitian ini menjelaskan proses adopsi pengetahuan lada pada masyarakat di Desa Laromerui Kecamatan Routa Kabupaten Konawe, perbedaan hasil panen lada antara masyarakat lokal dan masyarakat Bugis di Desa Laromerui Kecamatan Routa Kabupaten Konawe. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses adopsi pengetahuan bertani lada pada masyarakat di Desa Laromerui Kecamatan Routa Kabupaten Konawe diantaranya: a) Pemilihan bibit lada, b) cara pengolahan lahan, c) cara menanam, d) cara perawatan tanaman, dan e) cara panen. (2) Perbedaan hasil panen lada antara masyarakat lokal dan masyarakat Bugis di Desa Laromerui Kecamatan Routa Kabupaten Konawe dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya: a) luas lahan yang dimiliki, b) cara perawatan, c) jumlah pohon lada dalam l hektar lahan, d) hasil panen dalam 1 hektar, dan e) hasil jual yang mereka peroleh dalam 1 hektar kebun lada.

References

Dewi, Widyatmani Sih., Mujiyo., dan Rahayu. (2017). Alih Teknologi Budidaya Lada Organik Sebagai Pagar Hidup Kepada Masyarakat Desa Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri. Journal of Community Empowering and Services. Pages: 26-32.

Heryanto, Mahra Arari dan Adi Nugraha. (2018). Analisis Sistem Sosial-Ekologi Lada Putih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD. Volume 3 Nomor 2.

Ismawati. (2019). Dari petani Subsisten Ke Ekonomi Pasar (Studi Kasus Petani Lada di Desa Bantilang Kec. Towuti Kab. Luwu Timur. Skripsi.

Isnian, Sitti Nur, La Nalefo, Mutmainnah, Rosmawaty, dan Mardin. (2018). Fungsi Kelembagaan Subak Pada Perkebunan Lada Di Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan (Studi Kasus Pada Kelembagaan Subak Satu Pada Tanaman Lada Hasil Konversi Dari Padi Sawah Di Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan). Buletin Sosek. Edisi No 39 Tahun Ke 20.

James, Spradley. P. (1997). Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacanas.

Koenjaraningrat. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Penerbit Cipta. 202-204.

Panggabean, Minas Tiurlina. Siti Amanah, Prabowo Tjitropranoto. (2016). Persepsi Petani Lada terhadap Diseminasi Teknologi Usahatani Lada di Bangka Belitung. Jurnal Penyuluhan. Vol. 12 No. 1.

Yusuf, Syarifah. (2018). Aktivitas Perkebunan Tanaman Lada Dalam Mendukung Pengembangan Pertanian Berkelanjutan Di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Skripsi.
How to Cite
Rahman, J., & Ekoodoh, E. E. (2022). BERTANI LADA PADA MASYARAKAT DESA LAROMERUI KECAMATAN ROUTA KABUPATEN KONAWE. KABANTI : Jurnal Kerabat Antropologi, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.33772/kabanti.v6i1.1451

Send mail to Author


Send Cancel

Custom technologies based on your needs

  • MongoDB
  • ElasticSearch
  • Redis
  • Solr
  • Memcached