ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP RUBRIK IKLAN RUMAH MAKAN HARIAN KENDARI POS TERBITAN MEI 2019 – JUNI 2019
DOI:
https://doi.org/10.33772/cakrawalalistra.v4i1.1398Keywords:
Teori Semiotika Peirce, Iklan Rumah Makan, dan Harian Kendari Pos.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna semiotik yang terdapat dalam iklan rumah makan Harian Kendari Pos terbitan Mei 2019 – Juni 2019 agar dapat mengetahui makna dari gambar tersebut yang menghubungkan antara media dan masyarakat dalam mengungkap makna dari iklan rumah makan yang tersedia pada harian Kendari Pos. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif yang berarti data yang ditemukan kemudian dibaca untuk mendeskripsikan makna perwujudan semiotika. Aspek-aspek Peirce mempunyai tiga unsur triadic yakni objek, representamen, dan interpretan yang menunjang penelitian, untuk menghasilkan sebuah perwujudan dari tanda yang didapat dari gambar rumah makan yakni ikon, indeks, dan simbol. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa iklan yang dianalisis mempunyai bagian yang lengkap yaitu judul, nama perusahaan, teks, dan gambar. Dianalisis dengan semiotik, dalam iklan tersebut ditemukan ikon, indeks, dan simbol. Selain itu, munculnya wujud hubungan tanda dan acuannya dapat memberikan makna yang akan disampaikan pada pelanggan. Dengan digunakannya aspek-aspek tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca dan penulis selanjutnya untuk melakukan penelitian yang sama terkait iklan rumah makan dengan analisis Semiotika.
Kata Kunci: Teori Semiotika Peirce, Iklan Rumah Makan, dan Harian Kendari Pos.
References
Christomy, Tommy dkk, ed. (2010). Semiotika Budaya. Depok (ID): Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya.
Deledalle, Gerard. (1978). Charles S. Pierce Ecrits sur Le Signe. Editions du Seuil.
Eco, Umberto. (1976). Teori Semiotika. Sidorejo: Kreasi Wacana.
Friska, Junita. (2016). “Analisis Semiotik Iklan Kecantikan Pada Majalah Femme Actuelleâ€. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Medan. Medan.
Https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kendari_Pos. Diakses tanggal 10 Januari 2019.
Listiorini, Dina. (1999). “Mengembangkan Ilmu Komunikasi Melalui Semiotika†dalam Abrar, Ana Nadhya, et al (ed.). Membangun ilmu Komunikasi dan Sosiologi. Yogyakarta: Univ Atmaja Yogyakarta. Hlm. 257-264.
Marta, Rustono Farady.2015.vol9 no2. “Semiotika Pemasaran Pada Brand Value Melalui Sign Berupa Layout Berita Dan Iklan Ibadah Hajiâ€. https://journal.ubm.ac.id
Pateda, Mansoer. (2001). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.
Peyroutet ( Jurnal Afidah Rahmat Utami ). (2015). Kajian Semiotik Iklan Perusahaan Properti Rumah Dalam Media Online. Https://eprints.uny.ac.id.
Provianto, Alifta Khaerul. (2013). “Analisis Semiotik Pada Iklan Mobil di Surat Kabar Harian Suara Merdeka Edisi September – Desember 2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhamadiyah Surakarta. Surakarta.
Pusporini, Trigustia. (2009). “Analisis Semiotika Rubrik Fashion Style Majalah Kawankuâ€. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Rosyida, Isnaini Anniswati. (2017). “Analisis Semiotika Dalam Rubrik Iklan Mobil Harian Jawa Posâ€. Universitas Islam Darul Ulum (Unisda). Lamongan.
Santosa, Puji. (1993). Ancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra. Bandung: Angkasa.
Sobur, Alex. (2012). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosida Karya.
Taufiq, Wildan. (2016). Semiotika untuk Kajian Sastra dan Al-Qur’an. Bandung: Yrama Widya.
Utami, Afidah Rahma. (2015). “Kajian Semiotik Iklan Peusahaan Properti Rumah Dalam Media Onlineâ€. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Zuchdi, Darmiyati. (1993). Panduan Analisis Konten. Yogyakarta: FPBS IKIP.