RITUAL MOTASU (PENANAMAN PADI) PADA MASYARAKAT TOLAKI DI DESA BUKE KECAMATAN BUKE KABUPATEN KONAWE SELATAN

Authors

  • Putri Yani
  • Rahmat Sewa Suraya
  • La Ode Marhini

Keywords:

fungsi, ritual, tuturan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan, tuturan dan fungsi yang terkandung dalam ritualMotasu. Penelitian ini dilakukan di Desa Buke Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan pada bulan Februari sampai Maret 2023 dengan menggunakan pendekatan kualitatif Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses ritual Motasu melalui tiga yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Pada setiap proses yang dilakukan dalam ritual Motasu terdapat tuturan dan fungsi yang Mengandung makna tertentu. Fungsi yang terkandung dalam ritual Motasu merupakan bentuk interpretasi dalam meminta perlindungan kepada penguasa hutan (alam gaib). Sebagaimana yang terlihat sampai saat ini, ritual Motasu masih tetap bertahan dan terus dilakukan dalam kehidupan masyarakat Tolaki.

References

Bogdan, R., dan S.J. Taylor. 1975. Introduction To Qualitative Resarch Method a Phenomenological Approach To The Social Sciene. New York: John Willey & Sons.

Saputri, Shinta A, et.al. 2020. Tradisi Kalosara Dalam Penyelesaian Sengketa Tanah Di Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan. LISANI: Jurnal Kelisanan, Sastra, dan Budaya, 3(2), 63-76.

Milez, Mattew B. dan Huberman, A michael. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press

Malinowski.1987. Teori Fungsional dan Struktural Dalam Teori Antropologi I. Jakarta : Universitas Indonesia Press

Sarmadan dan Tawulo,M.A 2007. Kearifan Lokal Masyarakat Tolaki Dalam Mengelolah Lingkungan dengan menggunakan sistem Pengetahuan Cuaca Berladang (pesuri Mbondau). Masagena Pres. Makassar

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Volume 6 Nomor 2, Juli-Desember 2023