EKSODUS AMBON DI DESA TIROAU KECAMATAN TOMIA TIMUR KABUPATEN WAKATOBI: 1999-2021

Main Article Content

Aswati Mukadas
Ahmad Alfian
Ali Hadara

Keywords

Eksodus Ambon, Menetap, Adaptasi, dan Desa Tiroau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan latar belakang kehadiran Eksodus Ambon di Desa Tiroau. (2) Menjelaskan adaptasi sosial yang terjadi pada Eksodus Ambon di Desa Tiroau. (3) Menjelaskan faktor penghambat dan pendorong yang terjadi pada Eksodus Ambon di Desa Tiroau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sejarah menurut Kuntowijoyo yang terdiri dari lima tahap penelitian, yaitu: (a) Pemilihan Topik, (b) Heuristik Sumber, (c) Verifikasi Sumber (d) Interpretasi Sumber, dan (e) Historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang kehadiran Eksodus Ambon di Desa Tiroau diawali oleh konflik besar yang terjadi di Ambon sehingga menyebabkan banyak warga Ambon pindah meninggalkan Kota Ambon demi menghindari konflik, namun ada unsur lain masyarakat Eksodus Ambon untuk menetap di Desa Tiroau yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup karena keterbatasan lahan usaha (tanah) di daerah Ambon. (2) Adaptasi sosial masyarakat Eksodus Ambon dan penduduk lokal di Desa Tiroau terjalin melalui hubungan kerjasama melalui kegiatan gotong royong dengan menerapkan konsep saling mengajak dan bermusyawarah. (3) Faktor penghambat dan pendorong adaptasi sosial yang terjadi pada Eksodus Ambon di Desa Tiroau yaitu: Faktor Penghambat: (a) Perbedaan Budaya, (b) Perbedaan Bahasa. (2) Faktor Pendorong: (a) Penerimaan Oleh Masyarakat Setempat.

Abstract 42 | PDF Downloads 0

References

Buchanan, Cate. ed., 2011. Pengelolaan Konflik di Indonesia: Sebuah Analisis Konflik di Maluku, Papua, dan Poso. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Current Asia dan The Center for Humanitarian Dialogue, Jakarta.
Fauzan. 2023. Pengungsi Ambon di Kelurahan Wakoko Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton: 1999-2019. Journal Idea of History Vol 6 No. 2, 2023. https://journal.fib.uho.ac.id/index.php/history/article/view/2148
Hadara, Ali. 2014. Prosedur Penelitian dan Penulisan Sejarah, Panduan Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah. Kendari: Universitas Halu Oleo.
Halim, Abdul. 2003. Strategi Menghuni Masyarakat Pengungsi Kerusuhan Ambon di Kelurahan Kadolo Katapi Kecamatan Wolio Kota Bau-Bau 1999-2002. Skripsi.
Kartasapoetra, G dan JB, Kreimers. 1987. Sosiologi Umum. Jakarta: Bima Aksara
Koentjaraningrat. 1983. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Leirissa. R.Z. 1996. Historiografi: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia
Notosusanto, Nugroho. 1978. Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer. Jakarta: Yayasan Idayu.
Nurani Soyomukti, 2010. Pengantar Sosiologi: Dasar Analisis, Teori & Pendekatan Menuju Analisis Masalah-Masalah & Kajian-Kajian Strategis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pranowo, M. Bambang. 1989. Stereotik Etnik, Asimilasi dan Interaksi Sosial. Jakarta: Pustaka Grafika Kita.
Salim, Emil. 1971. Perencanaan Pendudukan Integrasi Sosial. Jakarta: Garafika.
Soekanto, Soerjono. 1996. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Sukanda Husin, 1988. Hak Asasi Perlindungan Pengungsi: Jakarta.
Suparlan, Parsudi. 1980. Manusia Kebudayaannya dan Lingkungannya Perspektif Antropologi Budaya. Jakarta: Depdikbud.
Susanto Astrid, S. 1983. Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Bandung: Binca Cipta.
Tim Pengemban Ilmu Pendidikan FIP-UPI, 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.
Wagiman. 2012. Hukum Pengungsi Internasional. Jakarta: Sinar Grafika