PEMBERLAKUAN KALKULATOR PAJAK PADA TUJUH RUMAH MAKAN DI KOTA KENDARI

Trisno Trisno
Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
Ahmat Keke
Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
La Manguntara
Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Share:

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pendapat pemilik rumah makan atas diberlakukannya kalkulator pajak oleh pemerintah Kota Kendari kepada pelanggan dan pendapat pelanggan atas diberlakukannya pajak. Menggunakan metode etnografi dengan pengumpulan data pengamatan terlibat dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori kekuasaan simbolik oleh Bourdieu (1987). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang pemberlakuan pajak sebesar 10% kepada pelanggan di beberapa rumah makan di Kota Kendari adalah bersumber pada undang-undang No. 28/2009 Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dari tujuh pemilik rumah makan yang dijadikan informan, lima diantaranya setuju dengan alasan bisa menambah pemasukan asli daerah, sekalipun pemberlakuan pajak tersebut berdampak pada berkurangnya pelanggan, sementara dua informan merasa keberatan karena harus menyampaikan kepada pelanggan, namun aturan tersebut harus ditaati agar tidak mendapat teguran dari petugas. Sedangkan pendapat pengunjung pada tujuh rumah makan di Kota Kendari, ada yang setuju dan ada juga yang tidak setuju dengan alasan memberatkan, namun karena itu sudah menjadi keputusan pemerintah sehingga harus ditaati.

References

Fatimah, S & Wardani, D. K. 2017. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penggelapan Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Temanggung. Akuntansi Dewantara, Vol. 1, No.4. p-ISSN: 2550-0376, eISSN: 2549-9637.

Marikere, ddk. 2020. Analisis penerapan pajak restoran pada penjualan (Studi kasus Rumah Makan Geprek Jo Manado). indonesia Accounting Journal Volume 2, Number 2, Year 2020.

Permanasari, dkk. 2018. Sistem Penagihan Pajak Restoran Untuk Meningkatkan Pendapatan Daerah Pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Di Marabahan. (Prosiding Seminar Nasional ASBIS 2018 Politeknik Negeri Banjarmasin).


Siregar, Ali Hasan. 2017. Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Kabupaten Padang Lawas (Studi Kasus : Sektor Pajak Restoran/Rumah Makan). (Skripsi: Program Studi Administrasi Publik-Universitas Medan Area).

Sukri, M. 2010. Analisis Sistem Dan Prosedur Administrasi Penerimaan Pajak Rumah Makan Dan Restoran Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. (Skripsi: Jurusan Administrasi Negara Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru).

Spadley, James p. 1997. Metode Etnografi. yogyakarta: Tiara Wacana.
Wemah, Edward W. 2013. Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Hotel Dan Restoran Terhadap Pad Kota Manado. (Jurnal EMBA 871 Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 871-881).

Wulandari, Tika, dan Suyanto. 2014. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Tingkat Pendidikan, dan Sanksi Administrasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Bangunan. Jurnal Akuntansi, Vol.2, No.2, Desember 2014.
Kurniawan, Rizki. 2014. analisis Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Kecil Menengah (Ukm) Pada Rumah Makan Palupi. (Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional”Veteran” Jawa Timur).

Putra, Ricko Gustika. 2016. Penegakan Hukum Dalam Pemungutan Pajak Restoran Sebagai Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Tanah Datar. (Skripsi: Fakultas Hukum di Universitas Andalas).

Rahayu,Nurulita. 2017. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak, dan Tax Amnesty terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Akuntansi Dewantara, Vol. 1, No., April 2017. p-ISSN: 2550-0376, eISSN: 2549-9637.
Samudra A.A. 2015. Perpajakan di indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Prasetya, Elvis Yudha Alvis. 2012. analisis pengenaan pajak restoran atas penyediaan makanan pada pesawat terbang (studi pada: PT Aerofood ACS). (Skripsi: Fisip-UI)

Suyanto, dkk. 2016. Tax Amnesti. Jurnal Akuntansi, Vol.4, No.2, Desember 2016.

Lambey & Megasilvia Windy Matahari. 2016. Analisis Kontribusi Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2012-2014. (Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado).

Astuti. 2017. Analisis Respon Wajib Pajak Restoran Terhadap Kebijakan Self Assessment System di Kabupaten Tanah Bumbu. (Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam).
How to Cite
Trisno, T., Keke, A., & Manguntara, L. (2022). PEMBERLAKUAN KALKULATOR PAJAK PADA TUJUH RUMAH MAKAN DI KOTA KENDARI. KABANTI : Jurnal Kerabat Antropologi, 6(1), 53–62. https://doi.org/10.33772/kabanti.v6i1.1440

Send mail to Author


Send Cancel

Custom technologies based on your needs

  • MongoDB
  • ElasticSearch
  • Redis
  • Solr
  • Memcached