PERILAKU MASYARAKAT PESISIR PANTAI DALAM MENGELOLA SAMPAH

Ilyas Ilyas
Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
Hartini Hartini
Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
Share:

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku masyarakat pesisir pantai dalam mengelola sampah. Penelitian ini menggunakan teori model of dan model for oleh Clifford Geertz, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis etnografi. Penelitian ini menujukkan bahwa Perilaku masyarakat pesisir pantai di Kelurahan Petoaha dalam mengelola sampah masih tergolong kurang baik. Karena, sampah yang dihasilkan sehari-hari semuanya berakhir di tempat pembuangan sampah dan laut. Pelakunya pun beragam mulai anak-anak, remaja, ibu rumah tangga, hingga kepala rumah tangga. Namun, untuk sampah ibu rumah tangga yang dibuang ke tempat pembuangan sampah sebelumnya ditampung terlebih dahulu di dalam rumah lalu, dibuang ke tempat sampah depan rumah atau biasa juga langsung ke laut.  Hal ini karena masyarakat pesisir pantai jarang mengikuti edukasi dan berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan pemerintah terkait sampah. Pemerintah Kelurahan Petoaha telah membuat program dan eduksi terkait sampah, membangun sarana dan prasarana yang dapat menunjang masyarakat pesisir pantai agar dapat hidup bersih dan sehat. Namun, kembali lagi dari kesadaran masyarakat yang masih kurang baik membuat keberadaan sampah ada di mana-mana.

References

Clifford Geertz. (1973). The Inter Pretation of cultures. New York: Basic Books

Hardiana, Devi. (2018). “Perilaku Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat”. Jurnal B
uana. Volume 2. Nomor 2.

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar ilmu antropolog. Jakarta: UI Press.

Kurniaty Yulia, Wahyu Haji Bani Nuraraya, Ranatasya Nabila Turawan, Fendy Nurmuhamad. (2016). “Mengefektifkan Pesimsahan Jenis Sampah Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Terpadu Di Kota Magelang”. Varia Justicia. Volume 12. Nomor 1.

Maulana, Luthfy Hidayat dan Andi Hendrawan. (2018). “Kajian Perilaku Masyarakat Pesisir yang Mengakibatkan Kerusakan Lingkungan (Studi Kasus Di Pantai Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap)”. Jurnal saintara. Volume 3. Nomor 1.

Nissa, Khairun dan Putu indra Christiawan. (2018). “Etika Lingkungan Masyarakat Pesisir Di Kota Singaraja”. Jurnal Pendidikan Geografi undiksha. Volume 6. Nomor 3.

Patras, Mareike D dan astri J Mahihodi. (2018). “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat dalam Membuang Sampah Di Tepi Pantai Kelurahan Kolongan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat”. Jurnal Ilmiah Sesebanua. Volume 2. Nomor 21.

Pramesthi, Riska Ayu dan Sriono. (2019). “Pengaruh Sikap dan Perilaku Terhadap Keberadaan Sampah Pada Masyarakat Pesisir Desa Kilensari Panarukan
Situbondo”. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Volume 17. Nomor 1. Halaman 45-56.

Prarikeslan, Widya dan Sri Mariya. (1997). “Tingkat Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Masyarakat Di Pesisir Pantai Sasak Pasaman Barat”. Volume 6. Nomor 1.

Rosnawati, Wa Ode, Bahtiar, dan Hasna Ahmad. (2017). “Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Masyarakat Pemukiman Atas Laut Di Kecamatan Kota Ternate”.
Jurnal Techino. Volume 6. Nomor 2. Halaman 45-53.

Sahil, Jailan, Mimien Henie Al Muhdar, Fachtur Rohman, dan Istamar Syamsuri. (2016). “Sistem Pengelolaan Dan Upaya Penanggulangan Sampah di Kelurahan
Dufa-Dufa Kota Ternate”. Jurnal BIOeduKASI. Volume 4. Nomor 2.

Sine, Kiik G, Alexander L. Kangkan, dan Lebrina I. Boikh. (2020). “Tingkat Kesadaran Masyarakat Di Pesisir Kota Kupang Terhadap Kebersihan Lingkungan Sekitarnya”. Jurnal Bahari Papadak. Volume 1. Nomor 2.

Spradley, J. P. (1997). Metode Etnografi: Penerbit TIARA WACANA.

Wardi I Nyoman. (2011). “Pengelolaan Sampah Berbasis Sosial Budaya: Upaya Mengatasi Lingkungan Di Bali”. Jurnal Bumi Lestari. Volume 11. Nomor 1. Halaman 167-177.

Yogiesti Viradin, Setiana Hariyanti, Fizul Rizal, Sutikno. (2010). “Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat Kota Kediri”. Jurnal Tata Kota Dan Daerah. Volume 2. Nomor 2.
How to Cite
Ilyas, I., & Hartini, H. (2022). PERILAKU MASYARAKAT PESISIR PANTAI DALAM MENGELOLA SAMPAH. KABANTI : Jurnal Kerabat Antropologi, 6(1), 139–152. https://doi.org/10.33772/kabanti.v6i1.1445

Send mail to Author


Send Cancel

Custom technologies based on your needs

  • MongoDB
  • ElasticSearch
  • Redis
  • Solr
  • Memcached